POSO . 50detik. Com – Kerusakan poros jalan dari desa watutau ( Kecamatan Lore Peore) menuju wilayah Ngamba/ Behoa ( Kecamatan Lore Tengah). Adalah momok dan cerita lama sudah sering di suarakan masyrakat setempat sejak beberapa Tahun lalu.

Pada pemerintahan bupati dr. Verna Gladys Merry. Inkiriwang dan wakilnya M. Yasin Mangun. S. Sos. Dimana kepemimpinan mereka masih tergolong seumur jagung.

Tetapi berbagai terobosan di lakukan kedua pemimpin itu, secara bertahap mulai di rasakan Masyarakat Poso.

Salah satu daerah yang merasakan kebijakan mereka, adalah Lore dengan perbaikan akses jalanya.

“Kebijakan ibu Verna dan pak Yasin sama halnya dengan melepaskan kami dari mimpi buruk berhadapan dengan jalan rusak,” Tutur Hanis warga Lore Tengah dan aktif
melewati jalan di maksud.

Kelegaan masyarakat tersebut memang beralasan karena hampir tiap hari mereka harus melewati jalan longsor, berlubang, di sertai lumpur selama bertahun – tahun.

Akibatnya, warga setempat jadi enggan menanam sayur mayur atau tanaman holtikultura lainya karena di pastikan tidak akan ada pembeli yang masuk di sebabkan enggan melewati jalan dengan kondisi demikian.

Dan penderitaan itu Sepertinya segera akan berakhir di sebabkan kesigapan pemerintah daerah ( Pemda) Poso melalui pihak terkait untuk secara cepat mengatasi persoalan – persoalan yang menjadi dilema berkepanjangan bagi orang lore pada umumnya,

” Jika ada hal bersifat insidentil dan mengganggu rutinitas atau aktivitas orang banyak. Saya dan wakil bupati tidak akan membiarkan hal seperti itu berlarut – larut di alami masyarakat,” Kata bupati dr. Verna GM Inkiriwang. Kepada media ini. Rabu, ( 14/4).

Pernyataan ini sangat sepadan dengan tindakan Pemda Poso yang telah membuka akses pemantauan bernama Poso Complain Center ( PCC)

Group PCC adalah sarana pengaduan masyarakat.

 

” Ruang PCC adalah fasilitas yang kami sediakan agar pemerintah dapat mengetahui yang terjadi di lapangan.

“Tujuan yang lain, adalah untuk menjaga efektifitas penggunaan anggaran daerah kita yang terbatas. Jika menggunakan pola penyaringan. Kemudian berpatokan pada aspirasi masyarakat yang masuk. kami yakin kucuran biaya diberikan pasti memiliki dampak positif.” Tutur bupati Verna.

Terkait pembangunan beberapa ruas jalan. Atau infrastruktur lainya. Pemda poso telah memberi petunjuk kepada pihak terkait. agar secara serius menindak lanjuti keluhan – keluhan yang masuk.*

Penulis : Ferdinand Puahadi