Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banggai semakin masif. Upaya pemerintah untuk mengentaskan pandemi itu, terus digalakkan. Kali ini pemerintah membentuk relawan Covid-19 yang didukung penuh JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori).

Setelah Tim Relawan terbentuk, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka berkesempatan mengukuhkan relawan tersebut pada di Desa Karanganyer Kecamatan Moilong Kabupaten Banggai Minggu (25/7/2021).

Dalam kesempatan itu Amirudin memberikan apresiasi kepada pemerintah Kecamatan Moilong dan JOB Tomori, sebab telah bergerak cepat membentuk Tim Relawan Covid-19 di wilayah tersebut, dalam upaya mendukung pemerintah untuk menekan kasus penderita dan penyebaran virus itu.

“Melalui tim relawan ini, diharapkan agar bisa membantu pemerintah untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat guna mematuhi protocol kesehatan, sehingga kita dapat menekan penyebaran covid-19 di Kecamatan Moilong,” ujar Bupati Banggai, Amirudin.

Pemerintah Kabupaten Banggai lanjut dia, akan terus berupaya merumuskan kebijakan yang terbaik dalam penanggulangan covid-19. Sehingganya diharapkan seluruh baik itu pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan Satgas Covid-19 agar terus bekerja melakukan pengawasan di wilayah masing-masing. Termasuk melaporkan kendala yang dialami dilapangan, terutama ketersediaan obat, vitamin serta penanganan terhadap warga yang terkonfirmasi positif covid-19.

Closing statemen Bupati, memberikan apresiasi atas kepedulian JOB Tomori yang ikut perperan aktif bersama pemerintah menekan penyebaran covid-19.

Sehingga apa yang telah dilakukan oleh JOB Tomori dijadikan contoh bagi seluruh perusahaan yang berinvestasi di wilayah Kabupaten Banggai.

Kunjungi Pasien

Usai melakukan pengukuhan Tim Relawan, Bupati Banggai Amirudin di dampingi Camat Moilong Hariadi Bola, Camat Batui Selatan I Made Brata, perwakilan Polsek Toili, perwakilan Koramil dan kepala desa se-Kecamatan Moilong serta Ketua Tim Relawan Covid-19 Kecamatan Moilong, Sahran Kasiul berkesempatan mengunjungi warga yang tengah melalukan karantina mandiri.

Moment itu Bupati menyerahkan bantuan paket sembako dan vitamin meningkatkan imun.

“Tetaplah semangat, silahkan beraktifitas di rumah masing-masing agar berkeringat dan rajin-rajinlah berjemur di pagi hari. Namun batasi berinteraksi dengan warga lainnya, jika ada keluhan segera sampaikan kepada petugas medis, agar dapat diantisipasi secepatnya,” tutur Amirudin.

Setelah itu, Tim Relawan Covid-19 dan Satgas Kecamatan Moilong melanjutkan aksi sosial dengan melakukan penyemprotan disinspektan herbal yang di produksi kelompok binaan JOB Tomori di sejumlah fasilitas umum, seperti Puskesmas, Kantor Pemerintah Desa, Kantor Camat, Masjid dan pasar.

Seluruh rangkaian kegiatan di tutup dengan aksi bagi-bagi masker kepada warga di persimpangan jalan pasar Unit 2 Desa Mulyoharjo, sekaligus diikuti perwakilan dari Puskesmas Toili guna mensosialisasikan kepada warga agar mematuhi protocol kesehatan menggunakan pengeras suara. (***)