Pemanfaatan Dana BPDPKS Belum Menyentuh Maksimal Petani Sawit. Ini Kata Anggota DPR RI Anggia Erma Rini

Jakarta, 50detik.com- Komisi IV DPR RI menilai terdapat potensi besar dari pemanfaatan dana, bukan hanya untuk kegiatan peremajaan, akan tetapi untuk peningkatan produksi sawit secara langsung. Namun dalam pelaksanaannya, saat ini alokasi penggunaanya dinilai terlalu banyak untuk kegiatan yang tidak bersinggungan langsung dengan kepentingan pengelolaan dan pengembangan sawit rakyat.

“Selama ini ternyata yang dihasilkan tidak terlalu banyak, sedikit sekali. Kemudian juga kalau dilihat perkembangannya juga tidak maksimal, padahal anggaran Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) tinggi sekali. Dan itu ternyata sebagian besar bukan untuk untuk tani rakyat. Tetapi untuk biodiesel,” jelas Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah asosiasi kelapa sawit di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (24/3/2022).

Hadir dalam  RDP dengan Komisi IV DPR RI kali ini, di antaranya Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia Perjuangan (Apkasindo Perjuangan); Perkumpulan Forum Petani Kelapa Sawit Indonesia (Popsi); Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (ASPEKPIR); serta Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS). (we/sf)

Sumber: dpr ri. go. id

Pos terkait