LORE 50detik.com  –  Belum lama ini  telah  berlangsung Festival  budaya  lokal  yang di selenggarakan  para  seniman  lembah  napu – Lore. Parade  seni itu di pusatkan  di desa  Maholo, Kecamatan Lore Timur. Acara  ini  adalah ajang  para  pelaku-pelaku seni  untuk  melakukan  peragaan berbagai  budaya  yang  ada di lembah Lore.

Tampilan seni ini,   telah di hadiri  perempuan pencetus  program “Bunga Desa”  sekaligus  pejabat  bupati Poso, dr. Verna  GM Inkiriwang.

Dalam penyampaianya, bupati  Verna GM Inkiriwang   berterima kasih kepada  semua  pihak  yang telah  berkontribusi  bahkan memberi   dukungan  untuk terselenggaranya  kegiatan tersebut

“Sebagai  pemerintah daerah  kami berterima kasih  atas terselenggaranya  kegiatan ini dan  kami  juga memberikan penghargaan kepada  seluruh  elemen  yang telah  membantu  pelaksanaan  kegiatan  yang mana  program ini sangat sesuai  dengan Visi – Misi Daerah, menciptakan kabupaten Poso  yang maju, tangguh, dan terdepan  di Sulawesi  Tengah,”  Imbuh bupati  Verna  menjelaskan.

Di harapkan pula  bahwa dari  Festival  budaya  tersebut, akan berdampak pada  perubahan sikap generasi   muda  yang sudah  enggan  mempelajari budayanya sendiri akibat  perubahan  sosial  yang di timbulkan  Iptek  dan Globalisasi  modern.

“Perayaan  budaya seperti  ini  perlu terus di tingkatkan  agar generasi kita  dapat  memahami secara  utuh   nilai-nilai  seni dan budaya  yang telah  di turunkan  nenek moyangnya  sejak  dari  jaman dahulu. Hal lain  yang kita  harapkan  bahwa  dengan  kegiatan  seperti ini  akan  terpupuk  rasa  persaudaraan  yang kokoh, untuk  membangun tanah  Poso  yang kita  cintai”  Terang bupati  Verna.

Di terangkan  pula  bahwa  bangsa  Indonesia  sangat terkenal  pada  tingkat dunia  sebagai culture knowledge,  culture  behaviour, dan culture  artifact,  sebagai  implementasi  dari kesepakatan nasional  tentang  nilai-nilai  ide, gagasan-gagasan dan pandangan hidup,  sebagai pedoman untuk berperilaku baik secara  internal maupun eksternal.

” Walaupun bangsa  Indonesia  terdiri  dari   kumpulan  pulau-pulau  dan suku bangsa. Dengan budaya  yang beraneka  ragam,  tetapi  tetap  bernaung  dalam Bhineka Tunggal Ika  dan Pancasila  sebagai  Falsafah  Negara,”  Ujarnya  mengakhiri.

Penulis : Ferdinand  Puahadi

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?
Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [281.81 KB]