Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50drtik.com-Orientasi satgas Pramuka peduli bencana dan pembibitan pohon buah-buahan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Tingkat Kwartir Cabang Banggai, hari ini Sabtu 31/10 2020 resmi di buka.

Penanaman bibit Nanas, secara simbolis dalam Orientasi satgas Pramuka peduli bencana dan pembibitan pohon buah-buahan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Tingkat Kwartir Cabang Banggai (foto :adibua)

Kegiatan yang di pusatkan di halaman SMK Komputer Luwuk, dikawasan Bukit Halimun tersebut didukung oleh
JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) berlangsung selama dua hari yang dimulai dari hari ini (31/10 s/d 1/11/2020).

Foto bersama pengurus Kwartir Pramuka Cabang Banggai dan pihak manajemen JOB Tomori Sulawesi (Foto : adibua)

Helatan kepanduan yang dibuka oleh wakil ketua Orgakum Kwartir Pramuka Cabang Kabupaten Banggai Kamaludin tersebut, diikuti oleh 100 orang peserta. Setelah apel pembukaan dilakukan, kemudian para peserta, perwakilan manajemen JOB Pertamina dan perwakilan Kwartir secara simbolis melakukan pembibitan beberapa jenis tanaman buah-buahan diantaranya buah Nanas. Diproyeksikan ada sekira 600 benih bibit buah yang akan disemai kemudian akan ditanami pada helatan itu.

Kegiatan tersebut tetap menggunakan protokol kesehatan +Foto : adibua)

Selain program pembibitan buah itu, dirangkai dengan orientasi Pramuka peduli peduli penanggulangan bencana.

Ketua Panitia Ramlan Labai dalam sambutannya mengatakan, kegiatan selain menanamkan kepedulian terhadap lingkungan para anggota kepanduan di daerah ini juga dapat berperan dalam pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan produktif.

Lain lagi dengan Pramuka peduli penanggulangan bencana yang masih dalam tahap orientasi ini di harapkan, akan membentuk pribadi yang mandiri serta memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap sesama.

“Anggota Satgas Pramuka peduli tak hanya hadir pada bencana, namun berdasarkan petunjuk pelaksanaan harus melibatkan diri dan memberikan manfaat kepada masyarakat,” papar Ramlan.

Selain itu, dari 100 peserta akan dipilih beberapa orang untuk menjadi Unit reaksi cepat (URC) dalam memeberikan pertolongan pertama dalam setiap bencana.

“Ada beberapa orang nanti akan terpilih untuk satuan reaksi cepat dalam penanggulangan bencana,” ucapnya.

Sementara, Ahmad Sodikun selaku Area External & Government Relation Supervisor JOB Tomori, mengatakan apa yang dilakukan oleh Pramuka Kwartir Cabang Kabuapten Banggai, menjadi salah satu kegiatan kepanduan yang berorientasi pada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan dan hal itu tentu perlu di Suport.

Olehnya itu Ahmad Sodikin yang mewakili manajemen JOB Tomori memberikan apresiasi atas kagiatan itu. Selain itu juga komitmen yang terbangun antara seluruh stakeholder dengan pihak manajemen perusahaan JOB Tomori yang dibawah pengawasan SKK Migas Kalsul tersebut terus dipertahankan.

“Prinsipnya kegiatan-kegiatan sosial baik itu yang digelar institusi, organisasi, maupun masyarakat sepanjang memberi kontribusi untuk kemaslahatan umum, pihak menajemen JOB Tomori tetap akan mendukung dan memberi apresiasi,” ujarnya.

Dari pengakuan Ahmad Sodikun, perusahaan Job Tomori selalu konsen terhadap lingkungan hidup untuk menjaga keseimbangan alam demi kepentingan generasi selanjutnya. Sehingga kegiatan-kegiatan serupa harus terus digalakkan. Termasuk juga para pandu yang masuk dalam Satgas peduli bencana, perlu kekuatan fisik sehingga, dia menganjurkan agar personilnya selalu menjaga kebugaran fisik, apalagi di ada Pandemi seperti saat ini. Peningkatan ini imunitas tubuh menjadi penting.

“Kondisi seperti saat ini sangat diharapkan agar seluruh anggota Pramuka yang direkrut dalam Satgas Pramuka Peduli ini harus tetap bugar sehingga dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dapat dilakukan dengan maksimal,” ujar Sodikun.

Wakil ketua Orgakum Kwartir Pramuka Cabang Kabupaten Banggai, Kamaludin sesaat sebelum membuka kegiatan itu mengatakan, kegiatan itu adalah untuk bina diri, bina satuan dan bina masyarakat. Kegiatan yang sifatnya darurat sehingga sangat penting untuk kebugaran fisik dan kekuatan mental. Kamaludin juga menyampaikan bahwa, kegiatan seperti ini baru tiga kwartir di Sulteng yang membentuk Satuan Tugas atau Satgas Pramuka peduli, yakni baru kwartir Palu, Donggala dan Banggai. Inilah yang menjadi kebanggan tersendiri bagi pihaknya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada pihak manajemen JOB Tomori Sulawesi, sebab telah berpartisipasi secara penuh dalam kegiatan itu.***