Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-Bagi sebagian orang mungkin gamang atau takut mengunjungi pasien yang telah positif terpapar virus Corona.

Tapi tidak bagi Wakil Ketua I Dewan Bangkep Risal Arwie. Dengan modal keberanian serta Alat Pelindung Diri (APD) Kamis malam (7/5/2020) sekira pukul 7.15 Wita, dia berangkat tanpa ditemani rekan-rekannya sesama anggota dewan. Untuk memberikan sokongan atau dukungan moral kepada penderita Corona yang diisolasi di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Salakan, Banggai Kepulauan Sulteng.

Tak hanya memberikan dukungan moral seperti arahan dan nasehat saja, tapi ketua DPD II Partai Golkar Bangkep ini memberikan bahan makanan pokok serta susu suplemen penambah stamina.
Awalnya niatnya itu ditentang oleh beberapa orang rekan-rekannya, namun hal itu tak lantas membuat niat dan semangatnya kendor.

Buktinya dia menemui langsung si penderita melalui prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan oleh pihak yang berkompoten menangani hal itu.
Dalam pertemuan itu Risal memberi semangat dan menyarankan agar lebih banyak berdoa serta mendekatkan diri kepada Allah, dalam masa isolasi.

Setelah melakukan percakapan yang berdurasi sekira 30 menit, jarak antara Risal dan pasien positif Corona sekira 7 meteran diakhiri tanpa bersalaman.

“Terus berdoa, tetap kuat dan semangat. Insya Allah bapak akan kembali ke keluarga dalam keadaan sembuh,” ucap Risal.

Langkah berani yang diambil oleh Risal Arwie ini, tak lain untuk merubah stigma masyarakat, yang akhir-akhir ini mengucilkan pasien dan keluarganya. Langkah ini menurutnya sangat tepat.

Kepada wartawan ini, Risal menuturkan, sejuah ini Pemerintah Daerah (Pemda) Bangkep terus berusaha melakukan langkah-langkah preventif dalam penanganan covid-19. Ini merupakan wujud tanggung jawab pemerintah terhadap warganya.

“Apa pun langkah yang saya ambil. Saya selalu berdoa Allah maha pengasih agar saya mendapat perlindungan dari NYA. Perlu juga saya sampaikan bahwa mereka yang terpapar Corona tidak perlu di kucilkan tetapi justeru menjadi tugas kita terus memberi semangat.,” tandas Risal.****