Musra Identik Pemilu Mini. Ridwan: Semua Capres akan Disurvey

Hotel Maleo Mamuju, lokasi Musra (foto: Mut)

Mamuju, 50 detik.com — Musyawarah Rakyat (Musra) akan digelar di Hotel Maleo Kota Mamuju Sulawesi Barat, Selasa 20 Desember 2022 pukul 13.00.

Ketua Umum Sekber Jokowi Nusantara, Bayutami Sammi Amalia, berharap agar Musra di Mamuju Sulbar bisa sukses.

“Kita berharap Muara di Mamuju berjalan sukses, agar rakyat kita semakin memahami bagaimana berpolitik yang santun secara Pancasila, semua kandidat kita survey agar rakyat semakin mengenal profil capres pilihan hatinya dalam pemilu mendatang, tanpa ada konflik dan perdebatan antara golongan dan parpol peserta pemilu,” ungkap Bayutami melalui sambungan telepon dari Jakarta Senin (19/12/2022).

Menurutnya, Musra ini merupakan perintah langsung Presiden Jokowi kepada seluruh relawan untuk menyelenggarakan Musra di 38 Provinsi, dengan maksud dan tujuan sebagai pendidikan berdemokrasi dan berpolitik serta pemilu secara jurdil dan luber, berdasarkan demokrasi Pancasila.

Dikatakan, Musra ini identik mengadakan pemilu mini untuk memilih calon presiden mendatang pilihan rakyat lewat pemilu yang luber dan jurdil.

“Rakyat diajarkan bagaimana memilih capres terbaik, bagaimana lakukan survey dan bagaimana terjalin komunikasi yang baik antara rakyat dengan KPU sebagai penyelenggara pemilu, DPR sebagai Wakil Rakyat dan Pemerintah sebagai penyelenggara pemerintahan, ” tandasnya,

Sementara itu, Ketua Sekber Jokowi Nusantara Sulbar, Muhammad Ridwan Haminuddin, mengharapkan, para pejabat dan para tokoh Sulbar dari berbagai kalangan, Parpol, Ormas, LSM, Lembaga bisa hadir.

“Lewat musra ini seluruh capres kita survey, dan rakyat memilih capres mana pilihan hatinya berdasarkan potensi dan kemampuan capres secara SWOT Analysis. Jadi semua capres 2024 nanti kita survey, ” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, lewat musra ini warga sulbar betul-betul memahami cara berdemokrasi dan berpolitik yang santun sesuai dengan Pancasila dan sesuai adat kebiasaan suku mandar, misal ada ungkapan sipaloloang dalam berpolitik. Mandar Mesa Kanne, Mandar Mammesa dan Mandar Mammis.

“Dalam musra ini seluruh capres kita tampilkan namanya untuk disurvey, untuk dilakukan uji SWOT Analysis, agar pemilih betul betul memahami segala potensi dan kemampuan kandidat, ” tandasnya.

Penulis: Muh. Muthasyam. A

 

Pos terkait