Mewakili Bupati Buol Asisten III Bidang Administrasi Umum Melantik PAW Anggota BPD

Laporan : Suleman DJ.Latantu

Buol.50Detik.Com. Bupati Buol di wakili Asisten Administrasi  Umum Setdakab Buol Lanny Irawaty Saleh SE.Ak.M.Si melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pengganti antar waktu (PAW) periode 2020-2026 dan berlangsung di Aula Rapat Dinas BPM-Pemdes Kabupaten Buol Kamis 12 Mei 2022.

Adapun anggota BPD pengganti antar waktu yang  dilantik itu antara lain ; Sudirman Naukoko  Desa Oyak Kecamatan Palbar , Arwin Ogi desa Dopalak Kecamatan Paleleh, Zainal desa Lomuli kecamatan Tiloan,  Jajaran desa Lripubogu, Tamrin Labagu desa Labuton Kecamatan Gadung.

Hadir dalam acara pelantikan Camat Paleleh ,Camat Paleleh Barat, Camat Gadung, Camat Tiloan, Camat Bokat ,Kades Lripubogu,Sekdes Lomuli dan warga masyarakat ± 20 orang .

Rangkaian kegiatan itu   meliputi pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan dan penandatanganan SK.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan berfungsi menetapkan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Dalam sambutan Bupati Buol yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setdakab.Buol menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih. Dengan adanya pergantian dalam kepengurusan anggota Pergantian Antar Waktu Badan Permusyawaratan Desa (PAW BPD) saya berharap  anggota yang baru bisa melanjutkan tugas berdemokrasi dan bersinergi bersama sama dalam percepatan pembangunan dan kemajuan desa. “menjadi Anggota BPD harus benar benar ikhlas dan dengan niat mengabdi untuk masyarakat,” Tuturnya.

“Fungsi BPD diharapkan untuk terus bersinergi dan bermitra dengan Pemerintah Desa dalam melaksanakan program serta mendukung kebijakan Pemerintah yang menjadi arahan untuk dilaksanakan. Dan yang perlu digaris bawahi bahwa BPD itu harus memperjuangan suara masyarakat bukan membawa suara hati nurani pribadi, ” ungkap Lanny.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten buol  Abdul Yani L Sa’ad  mengatakan, pelantikan PAW anggota BPD tersebut sesuai amanat Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang BPD, dalam aturan bahwa setiap anggota BPD yang berhenti antar waktu digantikan oleh anggota BPD nomor urut berikutnya berdasarkan hasil pemilihan anggota BPD.***

Pos terkait