Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-JOB Tomori dan Pertamina Hulu Energi (PHE), kembali menunjukkan komitmennya untuk membangun kemandirian kesehatan masyarakat di sekitar tapak perusahaan.
Perusahaan tersebut menggelar penyuluhan kesehatan setelah mendapat persetujuan dari SKK Migas untuk kemudian menggelar helatan terkait bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2020 ke 50 yang di peringati setiap tanggal 12 Januari – 12 Februari.

Pers realis Humas JOB Tomori menyebutkan, kegiatan itu digelar (12/1 sd 12/2) setiap tahun dan melibatkan ratusan warga yang terdiri dari Ibu rumah tangga, kader posyandu, Bidan Desa, anak-anak binaan Rumah Pemberdayaan Ibu dan Anak (RPIA).

Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama Puskesmas Kecamatan Batui Selatan, Pemerintah Kecamatan Batui Selatan, Pemerintah Desa Paisubololi, JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) dan PT. Pertamina Hulu Energi (PHE), setelah sebelumnya mendapat pesetujuan dari SKK Migas.
Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekcam Batui Selatan H. Arifin A. Aswadi, di halaman SDN Paisubololi, Selasa (18/2/2020).

Dalam kegiatan itu beberapa pemangku kebijakan memberikan sambutan.
Diantaramya, I Nyoman Hartanu, selaku Field Senior Manager JOB Tomori.

Dia mengatakan kegiatan seperti itu tak lain bentuk komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasi, sekaligus merupakan upaya mensosialisasikan budaya kerja yang aman dan telah dijalankan di internal perusahaan.

“Program penyuluhan kesehatan ini, sejalan pula dengan program pemerintah Kabupaten Banggai dan pemerintah secara nasional, yaitu mengatasi masalah stunting, guna menghasilkan putra dan putri penerus pembangunan bangsa Indonesia yang cerdas dan sehat, baik secara fisik maupun mental,” ujar Hartanu.

Hal senada juga diungkap Kepala Puskesmas Batui Selatan Nursida. Jika diwilayah kerjanya (Batui Selatan) termasuk salah satu daerah yang memiliki kasus stunting, termasuk di Desa Paisubololi.

Sehingga pihaknya, melalui Bidan Desa, Kader Posiandu terus berupaya untuk menjalankan program yang berorientasi pada peningkatan kesehatan masyarakat.

“Kami sangat berharap, kerjasama yang baik antara pihak perusahaan, pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan Puskesmas Batui Selatan terus di tingkatkan untuk bersama-sama mengatasi masalah stunting di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Pada kesempatan selain Kepala Puskesmas Batui Selatan, materi penyuluhan kesehatan juga di sampaikan dokter Amirullah, selaku OHIH Section Head JOB Tomori. Khusus untuk anak-anak, dikesempatan itu diberikan pula penyuluhan cara hidup bersih dengan metode yang berbeda, diantaranya cara membersihkan tangan yang benar dan cara menyikat gigi yang tepat. Namun dikemas bersamaan dengan berbagai jenis game-game menarik sehingga membuat peserta yang merupakan anak-anak tetap semangat dan antusias mengikuti rangkaian kegiatan.

Sementara itu, KepalaDesa Paisubololi, Retmon Samadui, memberikan apresiasi yang tinggi kepada JOB Tomori dan PHE yang telah menjalin kerjasama untuk melaksanakan penyuluhan kesehatan. Sebab kegiatan seperti itu menjadi program desa namun karena anggaran Dana Desa yang masih terbatas, sehingga belum dapat dilaksanakan secara maksimal.

“Kami sangat berterimakasih atas kepedulian perusahaan terhadap kesehatan masyarakat di desa kami, sehingganya selaku pemerintah desa, menghimbau kepada masyarakat untuk terus memberikan dukungan positif terhap operasinonal perusahaan, agar berjalan aman dan lancar. Sehingga kedepan semakin banyak banfaat yang bias di rasakan masyarakat,” tegas Retmon.****