Laporan: Wartawan 50detik.com

Jakarta. 50detik.com– Penyuluhan kesehatan merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan anak Sekolah Dasar terhadap gaya hidup sehat dan menanamkan nilai-nilai perilaku hidup bersih dan sehat melalui proses pengenalan dan praktek kesehatan yang meliputi kesehatan pribadi, kesehatan lingkungan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Melalui proses tersebut, diharapkan anak-anak di Sekolah Dasar dapat mengenali dan membudayakan kebiasaan hidup sehat, dan dari pihak guru dapat mengelola dan membimbing anak untuk selalu menanamkan kebiasaan hidup sehat setiap harinya baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat.

Pendidikan kesehatan bagi peserta didik di tingkat sekolah dasar (SD) diarahkan untuk membina agar memiliki sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat, Dalam penyuluhan yang kami lakukan tentang kesehatan pribadi ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan peserta didik siswa-siswi baik jasmaniah maupun rohaniah melalui pemahaman dan pengalaman gaya hidup sehat bagi peserta didik.

Setelah penyuluhan dan tata cara menjaga kesehatan pribadi yang baik dan benar itu bagaimana dengan mempraktekannya langsung bersama siswa-siswi dengan demikian diharapkan peserta didik  SDS Mekar Tanjung dapat mengerti akan kebersihan dan mengamalkan prilaku-prilaku yang baik utuk kegiatan sehari-harinya.

”Tentang kesehatan siswa-siswi SDS Mekar Tanjung di nilai cukup bagus karena kerapian serta tentang kesehatan pribadi hampir 50 % siswa mempunyai bekal tentang kesehatan. Namun dengan adanya pemberian penyuluhan tentang kesehatan pribadi, lingkungan dan UKS mudah –mudahan ilmu yang telah diberikan bermanfaat serta bisa diterapkan dan tidak hanya disaat penyuluhan, namun dalam kedepannya akan tetap dilaksanakan” Ujar salah satu mahasiswa UTA 17 Agustus 1945 yang merupakan alumni untad

Dari hasil survey yang  dilakukan kelapangan dapat disimpulkan bahwa kebersian sudah cukup baik dilakukan oleh pihak sekolah ini terlihat dari kebersihan lingkungan sekolah baik dalam ruangan kelas dan halaman walaupun masih ada kekurangan-kekurangan dari itu semua. Dari segi fasilitas untuk kebersihan sudah menerapkan kaedah-kaedah ruang lingkup yang baik seperti adanya tempat sampah baik itu disetiap kelas dan TPA sampah akhir.

2 KOMENTAR

  1. Hi there! I understand this is sort of off-topic however I needed to ask. Does running a well-established website such as yours take a lot of work? I’m brand new to writing a blog however I do write in my journal on a daily basis. I’d like to start a blog so I can share my own experience and feelings online. Please let me know if you have any ideas or tips for brand new aspiring blog owners. Appreciate it!|

  2. I like the valuable information you provide in your articles. I will bookmark your blog and check again here frequently. I’m quite certain I’ll learn lots of new stuff right here! Good luck for the next!|

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here