Laporan: Wartawan 50detik.com

Jakarta, 50detik.com–Mahasiswa program studi apoteker Universitas 17 Agustus 1945 (UTA 45) Jakarta, terdiri dari Ferdiana, S.Farm, Oga Nestianda, S.Farm, Teri Juwenti Dara Cancer, S.Farm, dan Wiwik Julian Destika, S.Farm melakukan penyuluhan tentang Cacingan di SDN 05 Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, 16 Oktober 2018.

Menurut Ferdiana mewakili teman satu timnya, penyuluhan tersebut dimaksudkan agar anak-anak di Sekolah Dasar dapat mengenali dan membudayakan kebiasaan hidup sehat, dan tidak cacingan.

Penyuluhan tersebut menghadirkan narasumber  Dr Diana Laila Rahmatillah, M.Farm, Apt, PHd clinical pharmasi yang mengupas bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% anak Indonesia mengidap cacingan.

Meskipun demikian, penyakit cacingan ini masih sering dianggap sebagai angin lalu tidak hanya oleh masyarakat tetapi juga pemerintah.

Padahal, cacingan dapat mengakibatkan menurunnya kondisi  kesehatan, gizi, dan kecerdasan penderitanya sehingga dipandang sangat merugikan, karena menyebabkan kehilangan karbohidrat dan protein serta kehilangan darah. Hal ini tentu saja dapat menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Melihat berbagai akibat yang ditimbulkan oleh penyakit ini, tentu saja cacingan dapat dikategorikan sebagai salah satu masalah kesehatan yang cukup mengkhawatirkan dan memerlukan penanganan yang serius.

Hal ini terutama karena sebagian besar penderitanya adalah anak – anak atau balita, yang masih dalam masa pertumbuhan.

Selain itu, keadaan lingkungan dan kebersihan perseorangan juga sangat mempengaruhi penyebaran penyakit ini. Berkaitan dengan hal itu, diperlukan suatu upaya bersama dan juga kesadaran untuk menanggulangi penyakit ini.

Dengan adanya penyuluhan ini dapat meningkatkan kesadaran serta pemahaman mengenai penyakit cacingan sebagai salah satu masalah kesehatan yang serius, diharapkan dapat menurunkan jumlah penderita penyakit ini, khususnya bagi balita atau anak – anak.

Cacing yang sering menyerang manusia adalah cacing kremi, cacing tambang, dan cacing gelang. Banyaknya penyakit cacingan juga dapat menunjukkan keadaan sosial yang buruk.

1 KOMENTAR

  1. I’m not sure why but this site is loading extremely slow for me. Is anyone else having this problem or is it a issue on my end? I’ll check back later on and see if the problem still exists.|

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here