Jakarta, 50detik.com– Mahasiswa  prodi apoteker Universitas 17 Agustus 1945 (UTA 45) Jakarta kembali melakukan penyuluhan kesehatan tentang Dagusibu.

Diuraikan, Dagusibu (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang Obat dengan Baik dan Benar) adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mencerdaskan masyarakat dalam berperilaku sehat terutama yang berhubungan dengan obat- obatan yang harusnya dimulai sejak dini sehingga kami memulainya dari kalangan sekolah dasar.

Pengetahuan siswa untuk pengelolaan obat di sekolah masih sangat kurang oleh karenanya dipilihkan solusi yaitu dengan sosialisasi DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang Obat dengan Baik dan Benar).

Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan di Gedung Belajar SDS Mekar Tanjung, Kecamatan Tanjung Priok Kabupaten Jakarta Utara.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh kepala sekolah SDS Mekar Tanjung yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan kegiatan salah satunya penyuluhan tentang penggunaan obat yang baik dan benar.

Peserta kegiatan ini adalah siswa siswi SDS Mekar Tanjung yang berjumlah 25 orang. Sebelum kegiatan dimulai peserta diwajibkan mengisi kuesioner tentang kebiasaan responden dalam pengobatan sendiri.

Siswa siswi SDS Mekar Tanjung diharapkan memahami penggolongan obat ini dan tahu bagaiman cara mendapatkannya sejak dini.

Penjelasan berikutnya yaitu tentang macam sediaan obat dan cara penggunaannya.

Tim pelaksana mempraktekkan bagaimana penggunaan obat pada bentuk sediaan khusus seperti salep mata, tetes mata, tetes hidung, inhalasi dan injeksi insulin. Juga dijelaskan bagaimana penggunaan suppositoria dan ovula.

Cara penggunaan obat ini penting karena sering terjadi keslahan cara penggunaan obat karena kurangnya informasi yang disampaikan petugas kesehatan saat menyerahkan obat. (tim)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here