Laporan: Wartawan 50detik.com

Jakarta, 50detik.com– Mahasiswa UTA 45 Fakultas Farmasi Program Studi Apoteker Angkatan 39 melaksanakan promosi kesehatan selama satu hari tentang pencegahan dan penanggulang DBD di SD 05 pagi di Jl. Agung Utara 13 RT.21/RW.01 Sunter Agung, Tanjung Priok Jakarta Utara, 16 Oktober 2018.

Kegiatan penyuluhan tersebut untuk memberikan pehaman sejak dini mengenai bahaya dan cara pencegahan serta penanggulangan DBD.

Kegiatan dilaksanakan oleh Nurul Fajriyah, Arni Rante Tampang, Onesis Novita Dewi dan Prawido Andriadi di bawah bimbingan Dr. Diana Laila Rahmatilah PHd Clinical Pharmasi

Dalam pemaparannya diungkapkan, demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue.

Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis.

Disebutkan. diperkirakan terdapat setidaknya 50 juta kasus demam berdarah di seluruh dunia tiap tahunnya.

Ditambahkan, demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk.

Menurutnya, demam berdarah DBD dulu disebut penyakit “break-bone” karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.

Demam berdarah ringan, katanya, menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), dan kematian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here