Gambar: Bupati Pasangkayu,Agus Ambo Djiwa Dalam Memberi Arahan dan Sambutan Di Pembukaaan MTQ Ke VIII Di Bambaira

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com-Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VIII tingkat Kabupaten di Desa Bambaira, Kecamatan Bambaira, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), berlangsung meriah, Senin (24/03/20) malam. ,

Dalam gelaran tersebut, sedikitnya ada 12 kafilah yang anggota hampir mencapai ratusan orang ini berasal dari 12 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pasangkayu. Kafilah-kafilah ini nantinya akan bersaian dalam gelaran lomba MTQ tingkat Kabupaten ini.

Kegiatan MTQ ini dibuka secara resmi Bupati Pasangkayu, Dr. Ir. H. Agus Ambo Djiwa, MP  sekaligus melantik/mengambil sumpah jabatan Dewan Hakim yang akan menjadi penilai yang dalam setiap perlombaaan yang diadakan dalam kegiatan tersebut.

Sebelum kegiatan dibuka oleh Bupati Pasangakayu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Pasangkayu, H.Mustafa Tangali, S.Ag,. MA dalam sambutannya mengatakan, MTQ merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan dua tahun sekali dan sudah melekat dan menjadi kultur di masyarakat Pasangkayu.

Kepala Kemenag Pasangkayu, Mustafa Tangngali Beri Sambutan di Pembukaan MTQ Bambaira

Oleh karena itu, Mustafa mengajak masyarakat pentingnya menyiapkan generasi yang memahami Al-Qur’an serta memasyarakatkan gema baca tulis Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an sumber utama ajaran agaman islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi.

“Jadikan Al-Qur’an sebaik-baiknya pedoman hidup, sehingga ke depan daerah ini akan terbangun generasi cerdas yang berakhlak mulia”, Katanya.

Sementara itu, Bupati Pasangkayu, Agus Ambo Djiwa, menyampaikan ucapan terima kasih terkhusus warga Bambaira yang telah menjadi tuan rumah. Menurutnya dalam setiap perlombaaan kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan kekeluargaan, agar kegiatan ini berjalan sesuai yang diharapkan.

Untuk  itu, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat, bahwa dalam menjawab setiap tantangan zaman, pentingnya menyiapkan atau membangun generasi Qurani. ”Apa pun tantangan zaman yang dihadapi di era milenial ini, generasi muda harus terus ditanamkan tauladan akhlak Rasulullah, sehingga ke depan akan melahirkan pemimpin yang kita impikan bersama”, ujar Agus.

Diakhir Sambutannya, Bupati berharap semoga pelaksanaa MTQ ini, dapat membawa berkah dan memberi manfa’at yang besar bagi seluruh warga pasangkayu.

Tampak Bupati bersama Istri dan Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Pimpinan serta Forkopimda pada kegiatan MTQ di Bambaira

Pembukaan MTQ ini turut dihadiri Wakil Bupati H.Muh.Saal, Ketua DPRD dan pimpinan Pimpinan Forkopimda, para SKPD, pejabat teras Pemkab Pasangkayu, para camat, Kepala Desa, majelis taklim, Tokoh Agama dan Ratusan santri dan tokoh masyarakat.