Disaksikan Forkopinda dan OPD, Bupati Agus Secara Simbolis Distribusikan Sembako Ke 12 Kecamatan di Pasangkayu (Mawan/ 50detik.com)

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu melalui Bupati Agus Ambo Djiwa secara simbolis didistribusikan sebanyak 10.547 paket sembako  kepada warga yang terkena dampak covid-19 pada hari Senin (22/6) pagi.

Pendistribusian bantuan disaksikan langsung Forkopinda diantaranya Ketua Pengadilan Negeri Pasangkayu, Kepala Kejaksaan Negeri Pasangkayu, Damdim 1427/Pasangkayu, Kapolres Matra, Anggota DPRD, Sekda Pasangkayu, para Asisten dan staf Ahli Bupati serta sejumlah Pimpinan OPD lainnya.

Bupati Agus dalam arahannya mengatakan, penyaluran bantuan sedianya dilakukan pada bulan Mei lalu. Namun proses validasi data yang cukup lama.  “Prosedurnya memakan waktu cukup lama, karena data di verifikasi oleh BPKP. Untuk mengantisipasi data ganda. Nanti data sudah dipastikan aman baru bantuan bisa kami salurkan” Terangnya

Berdasarkan data, bantuan paket sembako ini secara simbolis lepas Bupati Agus kepada  10. 745 Kepala Keluarga (KK) yang terkena dampak Covid-19 yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Pasangkayu. Paket  sembako yang disalurkan berupa beras 10 kg, terigu 2 kg, minyak goreng 2 liter, teh celum 2 kotak, dan gula pasir 2 kg

Dari Kantor Bupati Bantuan Covid-19 Sembako Pemda Pasangkayu di Lepas Ke Kecamatan Menggunakan Mobil Truk

Meski jumlahnya bantuan Covid-19  tak seberapa, Bupati Agus berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyatakat penerima bantuan.  Agus menyebutkan  penyaluran bantuan akan dikawal secara ketat oleh aparat.

“Jika ada masalah dilapangan bisa diadukan, kemudian kami akan cari solusinya. Kalau masih data ganda pasti akan dibatalkan, begitupun jika ada penerima yang dinilai tidak layak menerima, maka juga bisa dibatalkan” Tegasnya.

Agus berpesan agar semua masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, meski Pasangkayu telah dinyatakan zona hijau (Nol kasus positif Covid-19). Sebab, belum diketahui pasti kapan masa pandemi ini akan berakhir.

Penyaluran dilakukan secara bertahap. Untuk hari pertama, bantuan disalurkan ke wilayah kecamatan Sarjo dan Bambaira. Kemudian berturut-turut hari berikutnya, masing-masing dua kecamatan per hari.

Sebelumnya pemerintah juga telah menyelurkan berbagai jenis bantuan Covid-19 kepada warga, diantaranya bantuan BST, BLT-DD Dsan beberapa bantuan lainnya. Bantuan tersebut  diberikan kepada warga kurang mampuh dan terkena dampak pandemi covid-19 di Kabupaten Pasangkayu.