KRI Kelas LPD Dukung Kegiatan Latsitarda

Jakarta, 50detik.com–Komando Lintas Laut Militer memberangkatkan KRI kelas LPD yaitu KRI Banjarmasin-592 dan KRI Banda Aceh-593 dalam rangka mendukung kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLII tahun 2022 di Nusa Tenggara Barat yang sedianya akan dilaksanakan selama satu bulan, mulai Mei sampai Juni 2022.

Latsitarda merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh taruna tingkat IV atau tingkat akhir Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian (Akpol), sebelum mereka dilantik menjadi seorang Perwira TNI dan Polri oleh Presiden Republik Indonesia.

Asisten Operasi Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar dalam pesan singkatnya menyampaikan kesiapan 2 unsur LPD jajaran Kolinlamil untuk mendukung kegiatan Latsitarda Nusantara XLII tahun 2022 di Nusa Tenggara Barat tepatnya di Pulau Lombok dan Sumbawa.

Direncanakan KRI Banda Aceh-593 bertolak dari pangkalan Jakarta ke Semarang pada hari Sabtu (7/5) dengan terlebih dahulu melaksanakan embarkasi personel organik Mako Akademi TNI.

Sedangkan KRI Banjarmasin-592 akan bertolak dari pangkalan Surabaya pada hari Minggu (8/5) dengan mengangkut personel Satuan Latihan (Satlat) Hiu AAL.

Selanjutnya, KRI BJM-592 dan KRI BAC-593 akan stand by di dermaga pelabuhan Tanjung Mas, Semarang untuk melaksanakan embarkasi personel dari Satlat Macan Akmil, Satlat Elang AAU dan Satlat Kijang Akpol serta Praja IPDN dan perwakilan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma telah menginstruksikan kepada Komandan Satlinlamil 1 dan 2 serta Komandan KRI BJM-592 dan Komandan KRI BAC-593 untuk menyiapkan segala sesuatunya guna mendukung pergeseran personel dan materiil Satuan Tugas Latsitarda Nusantara XLII tahun 2022 di NTB. Mengingat minggu ini masih dalam rentang waktu cuti bersama Idul Fitri tahun 2022,

Panglima Kolinlamil melalui Komandan Satlinlamil 1 dan 2 memerintahkan kepada seluruh prajurit pengawak KRI BJM-592 dan KRI BAC-593 segera kembali ke KRI guna menyiapkan kapal untuk berlayar meskipun libur lebaran belum usai.

Dukungan angkutan laut oleh Kolinlamil dalam kegiatan Latsitarda Nusantara XLII tahun 2022 merupakan bentuk dari sinergitas segenap komponen bangsa. Hal tersebut sesuai dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dimana seluruh jajaran TNI AL untuk selalu menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.

Sumber: Dinas Penerangan Angkatan Laut

Pos terkait