Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep-50detik.com– Untuk membangun kekuatan politik, sejumlah partai di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banggai Kepulauan, membentuk koalisi permanen yang kemudian diberi nama Koalisi Bangkep Maju.

Koalisi parlemen ‘Trikora’ Bangkep tersebut terdiri enam partai masing-masing Partai Golkar dengan empat kursi, PDI-Perjuangan empat kursi, PAN tiga kursi, Hanura dua kursi, PBB dan Perindo masing-madjng kebagian satu kursi. Total jumlah kursi koalisi yang di gagas oleh Ketua DPD II Partai Golkar Bangkep itu, sebanyak 15 kursi dari 25 jumlah kursi di Dewan Bangkep.

Meski belum dideklarasikan, namun telah disepakati Jupri Hermawan sebagai Ketua koalisi (Hanura), Risal Arwie sekretaris, dan Irwanto T Bua di percayakan sebagai juru bicara.

Menurut Ketua Koalisi Bangkep Maju Jupri Hermawan, yang ditemui media ini di Sekretariat Partai Hanura (3/9) mengatakan, tujuan dibentuknya koalisi itu, bukan sebagai oposisi, namun ada tujuan politik lain yang lebih fundamental, mengawal visi dan misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Karena masuk tahun ketiga kepemimpinan Rais Adam, visi-misi masih relatif standar, sehingga perlu ada formulasi politik untuk mempercepat progres. Dimaksud. Bahkan masalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi salah satu fokus koalisi.

“Bangkep sebagai daerah berkembang menjadi fokus perhatian dari seluruh penyelenggara pemerintah. Baik itu politik anggaran maupun sistem pengawasan pembangunan daerah. Sehingga roda pemerintahan berjalan diatas regulasi dan kepentingan rakyat,” tandas Jupri.***

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here