Laporan Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com- Rapat penetapan zakat fitrah dipimpin langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasangkayu, Mustafa Tangngali. Hasil rapat ini ditindaklanjuti ke pemerintah daerah untuk diterbitkan SK besaran Zakat yang disepakati tersebut.

Rapat ini berlangsung pada Kamis, 9 Mai 2019 Siang Aula Kantor Kemenag Kabupaten Pasangkayu, rapat ini membahas penetapan besaran zakat fitrah tahun 2019. Dimana dalam rapat tersebut dihadiri Ketua MUI, Kesra Pasangkayu, Perwakilan Baznas, Dinas Koprindag, Tokoh Agama dan perwakilan KUA serta jajaran Kemenag Pasangkayu.

Menurut Mustafa Tangngali, S.Ag,.MA selaku kepala Kantor Kemenag Pasangkayu mengatakan, instansi terkait ini diundang untuk memberi masukan besaran zakat fitrah tahun ini  untuk disepakati sebelum digeser ke pemerintah daerah untuk diterbitkan SK besaran zakat fitrah tahun 2019 tersebut.

Mustafa menjelaskan, rapat bersama ini lebih awal dilakukan mengingat banyaknya warga yang akan keluar daerah. Selain itu, untuk memberi ruang kepada petugas agar bisa lebih cepat mensosialisasikan besaran zakat tersebut. Sehingga masyarakat bisa lebih cepat membayar zakat fitrah di daerahnya masing-masing.

“Rapat penentuan besaran zakat ini dilakukan lebih awal dilakukan mengingat banyaknya masyarakat yang akan pulang kampung.” Sebutnya

Adapun rincian besaran zakat yang disepakati dibagi dalam empat klasifikasi sesui dengan yang dikumsumsi yakni yang konsumsi jagung 4 liter atau senilai Rp 36.000 per jiwa, beras dolog atau beras biasa 4 liter atau senilai Rp.36.000 per jiwa, beras berkualitas 4 liter atau senilai Rp 40.000 per jiwa dan beras merah 4 liter atau senilai Rp 68.000 per jiwa.

Pihaknya menambahkan penentuan besaran zakat ini sendiri berdasarkan pantauan harga di sejumlah Pasar Tradisional oleh Dinas Diskoprindag Pasangkayu.

Sementara itu, Ketua MUI Pasangkayu, H. Maslim Halimin, MA mengatakan, zakat fitrah yang dikeluarkan ini, menyusuikan makanan pokok yang dikomsusmsi setiap Harinya. “Jika makanan yang dikomsusmsi tiap hari adalah jagung maka itulah yang dikeluarkan zakatnya begitu pun beras, sagu dan lainnya” Sebut Maslim

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here