Laporan: Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com Sedikitnya ada11 orang penghulu di Kabupaten Pasangkayu ikut berkompetisi dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang digelar Kemenag Pasangkayu.

LKTI ini Berlangsung di Aula Kememag pada Jum’at, 3 Mei 2019. Yang dihadiri belasan penghulu dan pegawai lingkup Kemenag Pasangkayu.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala Kemenag Pasangkayu, Mustafa Tangngali dalam sambutannya mengatakan, Lomba ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keilmuan bagi para penghulu dalam mengembangkan profesinya khususnya dalam penulisan karya ilmiah di bidang kepenghuluan dan hukum Islam.

Menurutnya, penghulu modern saat ini dituntut untuk memiliki kompetensi pengkajian terhadap masalah hukum munakahat. Selain itu, juga dituntut memiliki kompetensi untuk melakukan pengembangan metode pendekatan, konseling dan pelaksanaan nikah/rujuk.

Dirinya menambahkan, penghulu juga dituntut untuk memiliki kompetensi pengembangan perangkat dan standar pelayanan nikah/rujuk yang  mampu untuk melakukan uji coba hasil pengembangan pelayanan nikah/rujuk serta memiliki kompetensi untuk melakukan koordinasi kegiatan lintas sektoral di bidang kepenghuluan.

Hal yang tidak kalah pentingnya disebutnya, bagi seorang penghulu adalah peningkatan kompetensi dalam menulis Karya Ilmiah baik dibidang kepenghuluan maupun dibidang lainnya.

Diketahui penghulu ini adalah petugas representasi dari pemerintah yang bertugas untuk menikahkan kedua mempelai untuk menggantikan wali dari pihak keluarga.  Sekaligus mencatat pernikahan tersebut ke dalam catatan pemerintah.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here