Jubir Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pasangkayu, Suri Fitriah, S.Sos,. M.Si

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Jumlah pasien positif virus corona atau covid-19 di Kabupaten Pasangkayu bertambah dua orang. Sebelumnya pasien positif hanya ada 3 sehingga angka kasus positif covid-19 menjadi lima kasus.

Bertambahnya dua kasus itu maka masus positif covid-19  di Propinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengalami kenaikan dari sebelumnya 35 kasus menjadi 37 kasus pasian positif korona (28/4/2020)

Pasien yang terkonfirmasi positif corona berdasarkan hasil swab  teks hari ini berasal dari Kalibamba Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Pasangkayu, Suri Fitriah, S.Sos, M.Si mengatakan, sesuai isi release jubir gugus tugas Pemprov Sulbar, ada tambahan jumlah positif covid-19 asal Pasangkayu sebanyak 2 orang.

“Adapun pasien positif covid-19 tersebut adalah sebagai berikut inisial MN  jenis kelamain laki-laki (52 Tahun) Pekerjan Petani dan Nama inisial SK  wanita (52 Tahun) Ibu Rumah Tangga (isteri dari MN) alamat, Bukit Panjang Desa Polewali Kecamatan Bambalamotu KabupatenPasangkayu, ”  Jelas Suri

Dijelaskan Suri, riwayat perjalanan pasien MN, pada tanggal 18 sampai 23 Maret 2020 melakukan perjalanan dari Gowa mengikuti Tablig Akbar, singgah di Majene, Mamuju, Masjid Pasangkayu bermalam 1 malam dan tiba di Desa Polewali tanggal 23 Maret.

Kemudian pada  24 Maret 2020 dipantau oleh  Tim Covid-19 PKM Bambalamotu, dan pada tanggal 3 April 2020 ODP tersebut ke PKM bersama Istri melakukan pemeriksaan dengan keluhan Istri demam, batuk dan nyeri tenggorokan.

Pada tanggal 8 April 2020 keduanya (suami-istri) dilakukan pemeriksaan Rapid test. Rapid Pertama hasil Non-Reaktif (Negatif) dan pada tanggal 18 April dilakukan pemeriksaan Rapid kedua hasilnya samar-samar. Sehingga kami konsultasikan ke dokter Patologi RSUD dokter menyarankan untuk melakukan pemeriksaan Rapid yang ketiga  pada tanggal 20 April menggunakan serum untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

“Saat ini kedua orang dimaksud tengah melakukan isolasi mandiri dalam pengawasan gugus tugas penangan covid Pasangkayu. Keduanya dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil tes Swab dari Laboratorium Makassar.

Untuk itu, kiranya kita semua agar turut serta berperan aktif dalam memutus mata rantai covid-19 ini dan mentaati anjuran Pemerintah.