Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Momentum Idul Adha 1442 Hijriah/2021, dijadikan momen religi bagi seluruh karyawan JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi, untuk berkurban.

Melalui Badan Da’wah Islam (BDI) sebagai lembaga berhimpun karyawan JOB Tomori, berhasil menghimpun dan mendistribusikan 22 ekor hewan qurban dari karyawan dan mitra kerja di lingkungan CPP Senoro.

Menurut Ketua BDI Senoro Hidayat Saputra, pihaknya rutin menghimpun pekerja JOB Tomori baik yang bekerja di lapangan CPP Senoro maupun di kantor Jakarta. Bahkan perusahaan mitra kerja yang berkeinginan berqurban ikut diakomodir.

Setelah itu BDI bekerjasama dengan Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) dan Humas JOB Tomori untuk mendistribusikan kepada panitia qurban di masing-masing masjid.

“Alhamdulillah tahun ini terkumpul 22 ekor sapi untuk qurban dan di distribudikan oleh DKM. 22 ekor sapi kurban tersebut tersebar di 11 desa di wilayah Kecamatan Batui Selatan dan Batui. Kumlah sapi kurban tiap tahun tidakenentu, contohnya tahun 2019 terkumpul 28 ekor dan tahun 2020 terkumpul 20 ekor sapi,” jelas Hidayat.

Meski saat ini masih dalam situasi pandemic Covid-19, namun tidak menyurutkan niat pekerja untuk tetap beribadah sekaligus peduli dengan warga di sekitar wilayah operasi perusahaan dan sapi qurban pun dibeli dari warga disekitar CPP Senoro.

Sementara itu, Dewan Kesejahteraan Masjid di sekitar CPP Senoro memberikan apresiasi kepada BDI Senoro yang selama ini telah bekerjasama untuk kemaslahatan masyarakat melalui kegiatan yang rutin dilakukan, bukan hanya penyaluran daging qurban, namun juga penyaluran santunan untuk kaum duafa, yatim piatu, imam masjid, perbaikan rumah warga kurang mampu agar layak huni, pemberian santunan kepada mualaf Komunitas Adat Terpencil Tombiobong dan pemberian beasiswa untuk hafiz qur’an.

“Terimakasih kami sampaikan kepada segenap pengurus BDI Senoro yang selama ini telah bekerjasama dengan DKM masjid di wilayah operasi perusahaan`untuk melakukan kegiatan yang berguna bagi masyarakat, semoga ALLAH SWT membalasnya dengan pahala yang setimpal,” ujar ustadz Kuswanto, pengurus Pondok Pesantren Darul Khair Desa Masing, Kecamatan Batui Selatan.

Masih tingginya minat pekerja JOB Tomori dan mitra kerja untuk melaksanakan ibadah qurban, mendapat apresiasi dari General Manager JOB Tomori, Imam Nur Akbar.

“Semoga semangat kepedulian pekerja JOB Tomori untuk masyarakat disekitar wilayah operasi JOB Tomori yang merupakan keluarga terdekat perusahaan, menjadi nilai ibadah buat seluruh pekerja JOB Tomori dan berkah bagi warga masyarakat sekitar operasi perusahaan,” tutup Imam Nur Akbar. (***)