Laporan : Mulyadi T Bua

LUWUK50detik.com-Badan Dakwah Islam ( BDI ) Baitussalam Senoro sebagai wadah pekerja muslim di JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi ( JOB Tomori ) dibawah pengawasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi ( SKK Migas ) kembali melaksanakan program dalam bentuk kegiatan Tebar Hewan Kurban (THK)1441 H.

Kegiatan THK BDI Baitussalam Senoro diawali dengan mengiventarisir pekerja yang hendak melaksanakan atau menyumbang hewan kurban diBatui selatan dan sekitarnya.

Alhasil, terkumpul 20 ekor sapi dari 122 baik yang tercatat sebagai karyawan di CPP Senoro maupun yang di kantor pusat Jakarta.

Untuk merealisasikan niat itu pihak BDI Senoro memfasilitasinya dengan mencarikan hewan kurban yang berada di sekitar Batui, Batui Selatan dan Moilong, hal ini dimaksudkan agar masyarakat yang memiliki ternak sapi mendapat faedah. Selain itu mempermudah mobilisasi hewan kurban ke masyarakat. Dari 20 ekor sapi kurban tersebut oleh BDI di salurkan ke 22 masjid yang tersebar di wilayah Batui dan Batui Selatan.

Ketua BDI Baitussalam Senoro, Hidayat Saputra menyatakan bahwa kegiatan THK BDI Baitussalam Senoro selain mendukung pelaksanaan Ibadah kurban bagi para pekerja. Helatan itu juga sebagai wujud program eksternal pada moment Hari Raya Idul Adha, yang dikenal dengan program Tebar Hewan Kurban yang diperuntukan bagi masyarakat Dhuafa.

Sementara General Manager Job Tomori, Ahmad Miftah, dan Field Senior Manager JOB Tomori, Iwan Sutrisno yang juga ikut memberikan hewan kurban, mengapresiasi kinerja Pengurus BDI Baitussalam Senoro

Meski dalam suasana Pandemi Covid-19 dan JOB Tomori menerapkan Protokol kesehatan begitu ketat, tetapi bagi Pengurus BDI terus berbuat bagi kaum dhuafa dengan menggelar Tebar Hewan Kurban.

“Alhamdulillah program tebar hewan qurban tahun ini berjalan lancar sekalipun berada dalam situasi pandemic Covid d-19, berkat kerja sama antara pengurus BDI dengan Jamaah yang merupakan pekerja muslim,” ujar Iwan Sutrisno ( 31/07/2020 ).

Kepala desa Bonebalantak, Darwin S.Ag, saat menerima THK juga menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan jajaran pengurus BDI Baitussalam CPP Senoro kepada pemerintah Desa Bonebalantak, melalui panitia penyebelihan hewan qurban di seluruh masjid untuk menyembelih sekaligus menyalurkan daging qurban kepada warga yang berhak menerima.

“Atas nama pemerintah desa Bonebalantak, kami mengucapkan trimakasih kepada jemaah mesjid Baitussalam CPP Senoro atas kepercayaan yang diberikan kepada kami dan panitia penyembelihan hewan qurban di seluruh masjid setiap perayaan idul qurban, semoga kerjasama yang telah terjalin erat ini terus terbina Kedepan untuk program lainnya yang lebih bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Darwin.

Selain itu, Imam Masjid Al Qudrat Desa Sinorang, Arba’an, saat menyembelih hewan qurban usai sholat idul adha, juga menyempatkan untuk mendo’akan selain kepada shahibul qurban, juga memohon agar operasi yang dilaksanakan JOB Tomori dalam menghasilkan energi untuk bangsa Indonesia ditengah situasi pandemic Covid-19 berjalan aman dan lancar, serta diberkahi ALLAH SWT.

Untuk diketahui, bahwa program THK dari BDI Senoro ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2015. Termasuk program lainnya, seperti menyalurkan zakat, infaq dan sedekah kepada warga kurang mampu bekerjasama dengan Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) dan pemerintah desa di sekitar wilayah operasi, termasuk program santunan untuk imam masjid, program dukungan kegiatan bidang keagamaan, program Ramadhan berbagi, program peduli mualaf Komunitas Adat Terpencil Tambiobong Kecamatan Batui Selatan dan masih banyak program lainnya.
Sumber pembiayaan program itu dari donatur tetap yang merupakan pekerja muslim di site CPP Senoro dan di kantor JOB Tomori Jakarta. (*)