Kakao Potensi Jadi Komoditi Unggulan di Sulbar

Makassar, 50detik.com – Pemerintah Provinsi Sulbar khususnya DPRD Sulbar melihat potensi komoditi kakao bisa menjadi produk unggulan dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga perlu dilakukan kajian komprehensif.

Untuk pengembangan komoditi tersebut, DPRD melihat pentingnya membangun komunikasi dengan perusahaan yang konsen dalam usaha komoditi tersebut agar diperoleh pengetahuan tentang prospek pengembangan komoditi kakao tersebut.

Karena alasan itu, Komisi II DPRD Sulbar melakukan kunjungan kerja ke kantor PT Mars Symbioscience Indonesia untuk membahas prospek pengembangan komoditi perkebunan kakao di wilayah Sulawesi Barat.

Kunjungan yang berlangsung Selasa, 21/05/2024 dipimpin Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Barat H. Sudirman didampingi wakil Komisi II Firman Argo waskito dan anggota Komisi II H. Kalla katta, Rayu, Ruslan, H. Mulyadi Bintaha, Megawati, Ahmad Ikhsan Syarif, Arsyad Saggap, Daniel Pundu dan dihadiri langsung oleh Kabag Persidangan, Musrah Awaluddin.

Kehadiran anggota DPRD Sulbar ke PT Mars Symbioscience Indonesia, disambut Marlyn Sumbung, S&F Director, Sohra Sahama, Public Affairs Manager, Iman Sarwoko, Technical Manager, Akhmad Ansari, Impact Evalution And Learning Manager, kemudian secara daring oleh Ani Setiyoningrum, Commercial Operations Director, dan Jeffrey Haribowo selaku Corporate Affairs Director Cocoa.

Ketua komisi II H. Sudirman menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang rencana pengembangan yang dilakukan antara Dinas Perkebunan Sulbar dengan Mars Symbioscience. “Kami ingin memastikan bahwa rencana pengembangan ini akan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Sulawesi Barat, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan petani dan pengembangan ekonomi daerah,” ujarnya.

Kunjungan kerja ini juga diwarnai dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana anggota DPRD menanyakan berbagai aspek terkait dampak sosial dan ekonomi dari proyek pengembangan perkebunan tersebut. Selain itu, dibahas pula mengenai mekanisme kerjasama antara PT Mars Symbioscience dengan pemerintah daerah dan para petani.

Public Affairs Manager, Sohra Sahama mengatakan pertemuan ini adalah momen yang sangat luar biasa dan merasa terhormat atas kunjungan kerja komisi II DPRD Sulbar, serta memandang kegiatan ini sebagai bukti bahwa pemerintah Sulbar khususnya DPRD memiliki niat yang baik dalam upaya membangkitkan kembali komoditi kakao agar menjadi produk unggulan di wilayah Provinsi Sulawesi Barat.  (*/Ros)

 

Pos terkait