Laporan : Mulyadi T Bua
Bangkep–50detik.com Pemerintah Desa Bolonan, Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) secara signifikan berhasil membangun ketahanan ekonomi melalui Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahun anggaran 2019. Program itu berimbas pada warga, sehingga mengurangi angka pengangguran.
Diantaranya, dengan mengalokasikan dana untuk bantuan kepada sejumlah warga untuk modal usaha rumahan.
Bantuan dimaksud diberikan kepada warga yang memiliki keterampilan, dan usaha kuliner namun kekurangan modal dalam mengembangkan usaha mereka.
Kepala Desa Bolonan, Afandi Kay kepada media ini Senin (27/5) mengatakan, pihaknya tahun ini memang lebih memfokuskan pada pemberdayaan ekonomi masyarakat. Namun kata Afandi selaku pemerintah desa pihaknya juga tidak menanggalkan kepentingan warga lainnya, yakni kebutuhan warga untuk menikmati sarana publik yang layak sehingga program revitalisasi atau rehab daan sarana publik di wilayah itu tetap dilakukan.
Bahkan kata Afandi, khusus untuk Badan Usaha Milik Desa (BumDes), dan beberapa program fisik saat ini telah berjalan sesuai program yang telah canangkan.
Kades muda yang baru dua tahun menjabat Kades Bolonan, memiliki orientasi positif dengan beberapa program sosial dan ekonomi. Sehingga dia berpendapat warga di wilayahnya itu akan merasakan dampak terhadap dana desa.
“Terkait hal itu saya berharap masyarakat desa Bolonan berperan aktif dalam pembangunan. Sehingga mereka merasa memiliki dalam pelaksanaannya,” pungkasnya.***

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here