Kabupaten Poso Raih Predikat Tanpa Desa Tertinggal

Bupati Verna Inkiriwang Terima penghargaan atas prestasinya memperbaiki status Kabupaten Poso

Laporan : Ferdinand Puahadi

Poso, 50detik.com – Setelah sekian tahun Kabupaten Poso, berjuang melepaskan diri dari ketertinggalan. Terkait sejumlah daerah yang masih berstatus desa tertinggal.

Akhirnya harapan itu terealisasi sesuai penilaian Kementerian Desa ( Kemendes) Tahun 2023. Predikat ini tercapai pada masa pemerintahan Verna GM Inkiriwang, sebagai bupati Poso.

Hasil penilaian dari Kemendes, melalui penginputan Indeks Desa Membangun (IDM). Di umumkan saat pada pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD) dan (RPJPD) Tahun 2025 – 2045, berlangsung di hotel Santika Palu, belum lama ini.
Selain Kabupaten Poso, masih ada kabupaten lain yang mendapat predikat sama, salah satunya, Kabupaten Buol.

Menurut data Kemendes, bahwa masih ada 151 desa di Sulawesi Tengah ( Sulteng). Yang belum mampu menarik diri dari predikat tersebut. Dan memang bukanlah hal yang mudah bagi setiap kepala daerah untuk merubah nasib wilayahnya apalagi dengan keterbatasan anggaran di miliki..

Di ketahui, bahwa awal pemerintahan Verna Inkiriwang menjabat sebagai bupati Poso, Tahun 2021.

Tercatat 21 desa di wilayah ini, yang mendapat status desa tertinggal. Bahkan berdasarkan data Kemendes pada saat itu, Kecamatan Lore Tengah, dan Lore Barat, masuk kategori sangat tertinggal.

Tetapi Tahun 2022, jumlah tersebut berhasil di pangkas sehingga mengalami penurunan menjadi 8 Desa. Dan di Tahun 2023, sejumlah 142 desa, mengalami peningkatan menjadi desa berkembang, dan sebagianya Lagi telah berstatus menjadi desa mandiri.

Hasil ini adalah dampak kegigihan pemerintah daerah yang terus berupaya memperbaiki sejumlah kelemahan di setiap wilayah dengan perbaikan infrastruktur, serta pengembangan ekonomi masyarakatnya, yang di tunjang sejumlah program masuk desa.

Pada akhir masa jabatanya yang hanya 3 Tahun lebih, kemudian jika berkenan harus mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kembali Tahun ini ( 2024) – Red.

Bupati Verna Inkiriwang telah menunjukan sejumlah prestasi, atas keberhasilanya merubah perwajahan kabupaten Poso di berbagai bidang pembangunan.

Sejumlah program paling menonjol diantaranya; Program Bunga Desa, Kesehatan gratis, perbaikan infrastruktur jalan, termasuk pemberian permodalan kepada ratusan pengusaha kecil (Home Industry) melalui program UMKM yang di bagikan setiap Tahun.

Dan kalau tidak ada aral melintang, daerah ini di rencanakan segera memiliki Rumah sakit (RSUD) yang baru. Dimana persiapan pembangunanya sudah di mulai, berlokasi di desa Maliwuko, Kecamatan Lage.

Pos terkait