Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep-50detik.com –Ketua DPC. Hanura Kabupaten Banggai Kepulauan ( Bangkep) Sulteng, Jupri Hermawan digadang-gadang, bakal menduduki jabatan Wakil Bupati (Wabup) Bangkep.

Sebagaimana diketahui posisi Wabup akan kosong jika Rais Adam (Wabub-red), menduduki kursi Bupati, mengantikan Zainal Mus yang kini berhalangan tetap. Karena terjerat kasus tindak pidana korupsi, yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Hanura, partai yang di nakhodai Jupri, bersama tiga partai lainnya yakni PBB, Demokrat dan PKS merupakan pengusung pasangan Bupati (Zainal Mus) dan Wabup (Rais Adam) pada Pilkada Bangkep periode 2017-2022.

Wacana politik tentang posisi Wabup mengarah pada sosok Jupri Hermawan, semakin menguat. Inilah yang kemudian memantik beragam asumsi politik dari kalangan politisi di daerah itu, tentang siapa yang layak untuk posisi ‘Bangkep 2’ tersebut.

Jupri Hermawan yang ditemui media ini Selasa (3/9) di Sekretariat DPC Hanura Bangkep, enggan menanggapi soal wacana yang kini berkembang.
Namun dia menyerahkan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) pejabat Wakil Bupati pada mekanisme pergantian di maksud.

“Meski peluang itu ada, namun belum ada langkah-langkah politik yang saya tempuh. Biarkan mekanisme berjalan sesuai regulasi. Karena bagaimanapun untuk menduduki jabatan politik tentu memiliki mekanisme,” paparnya.

Ketika dimintai tanggapannya soal kinerja pemerintahan dimana jabatan Bupati yang dijabat Rais Adam masih status pelaksana tugas. Politisi yang dekat dengan rakyat ini, berpendapat, tetap memiliki kendala dalam menjalankan roda pemerintahan.

Pasalnya kata Jupri, Pelaksana Tugas Bupati (PLT), tidak dapat mengeluarkan kebijakan yang sifatnya prinsipil, seperti melantik atau menempatkan pejabat di jajaran pemerintahannya, serta ada beberapa hal prinsip lainnya.

Olehnya itu, untuk menjalankan roda pemerintahan yang baik, tentu segera mengisi kekosongan jabatan itu.

Jika ingin daerah ini progres pembangunannya sesuai target, maka langkah-langkah politik untuk mengisi kekosongan jabatan strategis itu segera di tempuh,” tandas Jupri.***

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here