Laporan : Mulyadi T Bua

Jogyakarta, 50detik.com-Setiap perusahaan, termasuk perusahaan yang bergerak pada sektor pertambangan di Kabupaten Banggai, tentu memiliki tanggung sosial pada warga diwilayah kerja perusahaan. Melalui program khusus yakni Corporate social Responsbility atau CSR.

Tak kecuali Joint Operating Body (JOB) Pertamina -Medco E&P Tomori Sulawesi. Perusahan yang bertempat di Desa Sinorang Kecanatan Batui Selatan Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah itu, telah mengambil kebijakan dengan menelorkan program unggulan. Seperti mendirikan ‘Depot Herbal Kalisbatan’ program itu melibatkan warga untuk berperan dalam menggalakkan atau memproduksi obat herbal. Kini program pengembangan produk herbal binaan JOB Tomori itu sudah terbilang sukses dan mandiri.

Bukan itu saja, perusahaan itu juga berkonsentrasi pada konservasi alam seperti revegitasi hutan Mangrove di beberapa wilayah seperti di Desa Sinorang dan di wilayah Kecamatan Moilong, Toili dan Toili Barat. Termasuk keterlibatan dalam program Pinasa Pemkab Banggai. Itu dilakukan dengan rutin saban tahun.
Keberhasilan itu tentu perlu di ketahui publik, sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memberdayakan warga di tapak perusahaan, sehingga peran pers atau media massa sangat penting. Itulah yang kemudian disahuti oleh perusahaan tambang tersebut. Dengan melibatkan pers dalam setiap kegiatan sosial mereka.
Menurut manager Senior Humas SKK Migas Perwakilan Kalimantan -Sulawesi Sebastian Julius angkat bicara.

Dia mengatakan pada moment ‘Kegiatan Edukasi Gakthering Media’ di Hotel Ibis Jogyakarta 20-21 November 2019, yang dihadiri perwakilan perusahaan, Bupati Banggai Herwin Yatim dan sejumlah wartawan perwakilan media massa di Banggai. Bahwa posisi pers atau media massa dalam penyebaran informasi terkait program perusahaan sangat penting.
Sehingga Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK-MIGAS) memandang penting untuk menjaga hubungan baik dengan insan pers.

Karena menurut Sebastian Julius, baik atau buruk Penilian publik tergantung media massa. Sehingga kerja sama dalam penyebaran informasi sepantasnya dilakukan. Menyadari pentingnya kerja sama itu, SKK Migas berharap agar kegiatan edukasi dapat memberi dampak kepada kedua pihak.

“Kami memberikan apresiasi kepada JOB Tomori dan insan pers di Kabupaten Banggai atas sinergitas yang telah terbangun selama ini. Saya juga berharap agar kerja sama seperti ini dapat berkelanjutan dan dipertahankan,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here