Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Kembali manajemen JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) sebagai operator pelaksana produksi migas di Indonesia yang mengelola Blok Senoro-Toili, Kabupaten Banggai, menggandeng Kodim 1308/LB dan Polres Banggai, untuk menangkal serangan Covid-19.

Memiliki tugas dan tangung jawab yamg tinggi untuk menjamin ketersedian pasokan kebutuhan energi nasional tetap terpenuhi sesuai target yang diberikan Negara melalui Satuan Kerja Khusus Minyak & Gas Bumi (SKK Migas). Tentu perlu ketahanan fisical seluruh karyawannya.

Apalagi diperhadapkan dengan ‘serangan’ Covid-19, yang semakin masif Sulawesi Tengah dan Kabupaten Banggai khususnya, yang menjadi wilayah operasi JOB Tomori, tentu perlu penanganan serius.

Menyadari hal hal itu dan untuk memastikan area ptoduksi tetap steril dari virus covid-19 dan mencapai herd immunity. Manajemen JOB Tomori, melaksanakan program vaksinasi dosis satu dan dua.

Sebelumnya vaksin dosis satu telah dilakukan kini, SKKMigas dengan TNI-POLRI, JOB Tomori kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi dosis 2 (kedua) bersama Kodim 1308/LB dan Polres Banggai, selama dua hari.

Hari pertama Selasa (10/8/2021) di CPP Senoro, sebanyak 236 pekerja telah divaksin dengan rincian 208 vaksinasi dosis dua (kedua), 27 orang vaksinasi dosis satu. Masih hari yang sama, vaksinasi dilakukan di Koramil Batui. Sengaja vaksinasi di lalukan di tempat itu untuk mengakomodir pekerja/mitra kerja yang sedang libur (off duty) bersama keluarga dan masyarakat sekitar.

Dari data peserta vaksinasi di Koramil Batui sebanyak 250 peserta dengan rincian, 150 vaksinasi dosis 2 (kedua) dan 100 peserta vaksinasi dosis 1 (pertama).

Kemudian hari selanjutnya pada Rabu (11/8/2021) vaksinasi dosis dua, dilaksanakan di halaman kantor Polsek Toili dengan data peserta vaksinasi sebanyak 276 peserta yang kesemuanya merupakan peserta vaksin dosis 2 (kedua) terdiri dari pekerja/ mitra kerja off duty serta masyarakat sekitar.

Agus Sudaryanto selaku Relation Security & Comdev Manager JOB Tomori, dalam keterangan persnya mengatakan, target vaksinasi itu, bahwa pada akhir Agustus 2021 seluruh pekerja dan keluarganya telah tervaksinasi, dan berharap kepada semua pekerja/ keluarga dan masyarakat untuk lebih pro-aktif mencari dan melaksanakan vaksinasi secara mandiri diwilayahnya masing-masing.

Utamanya bagi pekerja yang berdomisili di luar wilayah Banggai, sehingga tidak menunggu program vaksinasi yang diselenggarkan perusahaan. Menginggat sulitnya dan terbatasnya vaksin yang ada di wilayah Sulawesi tengah, khususnya Banggai.

“Kami akan terus membangun koordinasi dengan stakeholder terkait bersama SKKMigas-Ditpamobvit Polda Sulteng, TNI-POLRI serta Pemerintah Propinsi Sulawesi tengah, maupun Pemda Banggai melalui Dinas Kesehatan dalam rangka mensukseskan program pemerintah serbuan vaksinasi TNI-POLRI agar seluruh masyarakat bisa tervaksinasi dalam rangka mencapai herd immunity,” ungkap Agus sapan akrabnya.

Agus Sudaryanto juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos, M.Tr.Han, M.I.Pol, Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto SIK, MH.

Kemudian disampaikan pula untuk Danramil 1308-03/Batui Kapten Inf Dwi Karyo Basuki, dan Kapolsek Toili, AKP Candra SH, serta seluruh jajaran TNI Polri yang telah bersedia bekerjasama dengan JOB Tomori demi tujuan bersama untuk kebangkitan Indonesia dari badai pandemic covid-19. (***)