Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Masyarakat Kabupaten Banggai menaruh harapan besar kepada Bupati dan Wakil Bupati Banggai terpilih (Amir-Furqan) untuk mewujudkan komitmen serta merealisasikan janji politik yang digaungkan pada Pilkada 2020 silam.

Meski masih menyisahkan satu tahapan lagi yakni pelantikan yang dilalui pasangan tersebut, namun harapan warga kepada meraka berdua mulai mengemuka.

Ada beberapa warga di wilayah berlainan menyuarakan atau menyampaikan asa mereka dengan berbagai macam cara. Salah satu yang paling sering dilakukan melalui media sosial. Hal inilah yang kemudian mendorong media baik media konvensional maupun online untuk mempublikasikannya.

Media online 50detik.com, mencoba untuk mewawancarai warga di beberapa tempat. Misalnya warga Kecamatan Kintom yang mengaku bernama Arifin (41), meyakini jika pasangan Amir Tamoreka dan Furqanudin Masulili, sanggup merealisasikan janji-janji politik mereka ketika kampanye beberapa waktu silam. Alasannya cukup sederhana, sebab program yang terakomodir dalam visi-misi mereka di anggap realistis dan tidak muluk-muluk. Sehingga untuk merealisasikannya cukup mudah.

Dia memberi contoh program peningkatan infrastruktur di wilayah pedesaan, seperti merintis atau membuka jalan kantong produksi sebagai akses primer warga ke kantong-kantong pertanian maupun perkebunan.

“Kami meyakini bahwa apa yang telah dijanjikan akan terwujud. Harapan kami ya khususnya di wilayah kecamatan Kintom yang mayoritas pekebun ini, berharap infrastruktur terutama jalan. Jika jalan lancar, otomatis perekonomian masyarakat berkembang,” timpalnya.

Demikian pula dengan salah seorang warga di Kecamatan Nuhon, menurutnya warga di wilayah itu menaruh harapan kepada pasangan AT-FM, agar dapat merumuskan pola kebijakan ekonomi berasas kerakyatan. Termasuk berusaha mengembalikan perekonomian masyarakat desa yang terpuruk, lantaran harga jual komoditas unggulan seperti harga kopra dan caccao menurun drastis.***