Laporan Suleman Dj. Latantu

Buol,50Detik.com. Puluhan warga yang memiliki lahan perkebunan jalan Ranch Pajeko – Pinamula, Kecamatan Momunu Kabupaten Buol mulai mengeluh lantaran kesulitan mendapatkan hasil tanaman perkebunannya.

Sebab jalan yang sehari-harinya digunakan mengankut hasil buah dari tanamannya itu rusak parah akibat dijadikan erena motor cross oknum pejabat di daerah tersebut. Kondisinya saat ini  belum ada upaya Pemkab Buol untuk melakukan pemeliharaan.

Sejumlah sumber mengatakan, untuk mengatasinya agar ruas jalan bisa dilalui kendaraan roda empat untuk mengangkut hasil produksi panen jagung serta hasil perkebunan lainnya, sesama warga terpaksa mengumpul dana dengan cara patungan untuk membeli meterial untuk menimbun badan jalan yang rusak.

Ironisnya, meskipun sering dilakukan upaya penimbunan. namun hal itu tidak menjamin kalau kondisi badan jalan itu bisa lebih bagus. Malah sebaliknya kondisinya tetap kembali rusak apalagi jika musim penghujan. Bahkan kerusakan itu lebih diperparah lagi dengan adanya kegiatan motor cross yang dilakukan hampir setiap hari Minggu.

Terkait hal itu, Kadis PUPR Kabupaten Buol Ir. Supangat yang dimintai tanggapannya mengatakan, ruas jalan Ranch Pajeko – Pinamula adalah jalan kantong produksi yang pembangunanya dibiayai oleh APBD Buol. Dan diakui, hingga saat ini belum dilakukan upaya pemeliharaan rutin.

“Untuk lebih jelasnya, secara tehinis silahkan konfirmasi langsung dengan Kabid Bina Marga” ujarnya kepada media ini melalui telpon.