Irwan saat kunjungi pasien di RS Bangkep sebagaibentuk komitmennya untuk tetap peduli. (foto: muliadi)

Laporan: Mulyadi T. Bua

Bangkep, 50detik.com—Ada banyak cara untuk n membangun komunikasi dengan konstituen. Salah satunya membuka mata dan membuka telinga untuk mendengar bisikan rakyat kecil.

Karena faktor tutup mata dan telinga itulah biasanya anggota sering alpa dan tak mengetahui kondisi rakyat yang diwakilinya.

Berangkat dari kondisi itu Irwanto T Bua – Caleg Partai Golkar untuk DPRD Bangkep akhirnya hadir ditengah masyarakat untuk merekam apa yang menjadi keinginan dan harapan warga.

Dalam realitas politik, tak semua caleg memiliki elektabilitas tinggi. Bahkan ditengarai banyak politisi yang duduk di kursi panas dewan tidak dikenal oleh masyarakat hingga masa akhir jabatannya.

Wajar saja, jika masyarakat mengharapkan caleg yang berkomitmen penuh mengunjungi konstituennya.

Justru hal itulah yang menggerakan nurani salah seorang Caleg Partai Golkar Irwanto T Bua dari Dapil IV yang meliputi Kecamatan Bulagi, Kecamatan Bulagi Utara dan Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan, menemui  konstiuennya di Rumkit Trikora Salakan.

Menurut Irwanto T Bua kepada media ini, bahwa Caleg jangan hanya memposisikan rakyat sebagai objek pelampiasan ‘hasrat’ politik. Hanya untuk mengharapkan suara pada saat pemilu.

Karena selama ini memang masyarakat melihat para calon anggota legislatif hanya melontarkan janji-janji kosong pada saat kampanye.

“Dengan mengunjungi rakyat ketika dalam kesusahan, merupakan bagian dari kepedulian kita. Bahkan dengan hal seperti itu Caleg dapat mengetahui apa kepentingan atau kebutuhan rakyat yang menjadi skala prioritas untuk kemudian diakomodir secepatnya. Dan untuk jangka panjang diperjuangkan di parlemen kelak apabila terpilih. Makanya saya memilih untuk turun langsung kelapangan untuk mengetahui kepentingan rakyat, dan membesuk simpatisan saya ketika sakit” paparnya.

Iwan Bua sapaan akrabnya perpendapat calon anggota legislatif perlu memiliki komitmen yang kuat dengan konstituennya. Bahkan memberikan kesempatan kepada rakyat untuk merespons apa yang sudah dilalukan wakilnya diparlemen.

“Caleg harus mengetahui apa yang menjadi keinginan rakyat yang diwakilinya sehingga ketika duduk di parlemen kita dapat memperjuangkan secara politis untuk selanjutnya di realisasikan. Makanya seringlah turun menemui rakyat,” pungkas mantan wartawan ini.

 

1 KOMENTAR

  1. An impressive share! I’ve just forwarded this onto a colleague who had been conducting a little homework on this. And he in fact ordered me lunch because I found it for him… lol. So allow me to reword this…. Thank YOU for the meal!! But yeah, thanx for spending time to discuss this matter here on your blog.|

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here