Indeks Reformasi Birokrasi Kemenag 2023 Naik menjadi 78,18, Bagaimana Tukin?

Kepala Biro Ortala Setjen Kemenag Nurudin (Fotografer: Rikie Andriyawan)

Jakarta, 50detil.com— Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) merilis indeks Refornasi Birokrasi Kementerian Agama 2023.

Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Nurudin mengatakan, Indeks RB Kemenag terus naik dalam tiga tahun terakhir. “KemenPAN dan RB baru merilis indeks Reformasi Birokrasi Kemeng pada 2023 sebesar 78,18,” terang Nurudin di Jakarta.

“Indeks ini naik 1,49 poin dibanding 2022 yang sebesar 76,69. Sementara indeks RB Kemenag pada 2022 sebesar 75,84,” sambungnya.

Kenaikan indeks RB ini, kata Nurudin, tidak terlepas dari ikhtiar bersama satuan kerja (satker) Kementerian Agama yang jumlahnya sangat banyak, untuk terus membenahi tata kelola birokrasinya. Hal ini ditandai dengan terus bertambahnya satker berpredikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Nurudin berharap, ada minimal 125 satker berpredikat WBK pada 2024. Proses penilaian pendahuluan sudah dilakukan pada awal Januari 2024. Tujuannya, mengidentifikasi 125 satker yang memenuhi syarat awal.

“Kita targetkan Indeks RB Kemenag pada 2024 sebesar 82,00,” sebut Nurudin.

Tukin 80%

Nurudin menambahkan, saat ini pihaknya sedang memproses penyesuaian tunjangan kinerja pegawai Kemenag. Menurut Nurudin, sudah ada proses persetujuan dari KemenPAN dan RB terkait penyesuaian tukin pegawai Kemenag, dari semula hanya 70% menjadi 80%.

“KemenPAN dan RB juga sudah menyampaikan surat ke Kementerian Keuangan terkait pemohonan izin prinsip penyesuaian tukin pegawai Kemenag,” sebutnya.

“Kita berharap persetujuan dari Kemenkeu segera terbit dan tahun ini tukin pegawai Kemenag bisa disesuaikan menjadi 80%,” tandasnya.

Editor: Moh Khoeron
Sumber: Kemenag

 

 

Pos terkait