Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Bupati Banggai Herwin Yatim, (13/4/2020) menerima bantuan dari JOB Tomori Sulawesi, di kantornya.

Bantuan yang diserahkan adalah Alat Pelindung Diri (APD) serta alat kesehatan lainnya, untuk menangkal Covid-19.
Bantuan itu merupakan tanggung jawab bersama semua pihak. Baik pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat itu sendiri.
Sebagai bentuk pemenuhan atas tanggung jawab dimaksud, maka Joint Operating Body Pertamian-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) selaku kontraktor hulu migas di Kabupaten Banggai dibawah pengawasan dan persetujuan SKK Migas.

Bupati Banggai Herwin Yatim, menerima bantuan JOB Tomori, berupa APD dan alat kesehatan lainnya.

Berkewajiban memberikan bantuan berupa alat kesehatan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai. Penyerahan bantuan secara simbolis itu disaksikan pula oleh Wakil Bupati Banggai, H. Mustar Labolo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, dr Anang S. Otoluwa, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk, dr. Yusran Kasim.

Sementara, management JOB Tomori diwakili Arfiandy Djafaar selaku Area Administrasi Section Head, di dampingi Tim Relations dan Tim ComDev.

Pada momen penyerahan bantuan itu Bupati Banggai, Herwin Yatim berkesempatan memberi sambutan. Dalam sambutannya Herwin, menyampaikan apresiasi atas bantuan JOB Tomori berupa alat kesehatan. Untuk penanggulangan wabah Covid-19 di Kabupaten Banggai, terlebih lagi penyerahan bantuan tersebut dilakukan satu pintu melalui Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Banggai.

“Hari ini Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 menerima bantuan dari perusahaan JOB Tomori. Kami atas nama Pemerintah Daerah, saya Bupati dan Wakil Bupati, serta Kepala Dinas Kesehatan dan teman-teman dari tim medis mengucapkan terimakasih, karena alat-alat ini sesuai dengan standar yang ditetapkan,” tegas Herwin.

Sementara itu, Arfiandy Djafaar menyampaikan pesan dari General Manager JOB Tomori, Akhmad Miftah, bahwa melalui kerjasama yang baik antara JOB Tomori dan Pemda Kabupaten Banggai, dapat memberikan manfaat yang lebih besar. Khususnya untuk masyarakat daerah ini, terutama dalam upaya bersama melawan Corona di Kabupaten Banggai.

“Kerjasama antara Pemda Banggai dan JOB Tomori tidak hanya sampai disini saja. Kami akan terus bersinergi memberikan manfaat yang lebih banyak lagi untuk masyarakat, karena sebagai pelaku industri Hulu Migas, JOB Tomori juga merupakan bagian dari Pemerintah,” tutur Fendy, sapaan akrabnya.

Ternyata bantuan APD penanganan Covid-19, bukan yang terakhir, tapi justeru itu langkah awal.
Sambung dia, penyerahan kali ini merupakan tahap awal, masih akan dilakukan tahap berikutnya, sebab proses pengadaan barang ditengah pendemi Corona, berhadapan dengan kelangkaan barang dibidang kesehatan.

Sebagai tambahan informasi, bantuan tahap pertama yang disalurkan JOB Tomori itu sesuai dengan daftar kebutuhan yang disampaikan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai.
Terdiri dari sarung tangan non medis nitrile, shamrock, sarung tangan medis sensi, sarung tangan non steril, sarung tangan steril, sarung tangan obgyn, regulator oxygen, selang oxygen, kacamata medis, apron medis, nurse cup, baju hazmat, vercon (disinspektan), masker medis N95 dan masker non medis.

Closing statemen, Arfiandy juga menyampaikan bahwa JOB Tomori mendapat tanggung jawab yang sangat besar dari Pemerintah melalui SKK Migas.
Dimana JOB Tomori termasuk perusahaan migas yang diwajibkan untuk tetap menjalankan kegiatan operasinya di masa pandemik Covid-19 seperti saat ini.
Demi menjaga kelancaran pasokan energi dan bahan baku migas untuk kebutuhan nasional dan daerah, serta pencapaian target penerimaan negara dan daerah dari sektor kegiatan usaha migas JOB Tomori menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan kerja.
Itu sesuai dengan arahan SKK Migas dalam protokol peningkatan kewaspadaan Covid-19, sehingganya sangat mengharapkan dukungan semua pihak untuk bersama-sama menjaga kelancaran pasokan energi. Sekaligus bersama bahu-membahu melawan Covid-19.****