Palu, 50detik.com– Provinsi Sulawesi Tengah berhasil mencapai bahkan melampaui target dalam pelayanan KB serentak sejuta akseptor pada momentum Hari Keluarga Nasional ke 27 senin (29/06/2020).

Sebelumnya Sulawesi Tengah menargetkan pelayanan KB sebanyak 24.916 akseptor. Pada hari pelayanan, data yang masuk hingga pukul 20.30 WITA menunjukkan angka 30.176 akseptor yang terlayani. Dengan kata lain, Sulawesi Tengah berhasil mencapai kurang lebih 121,1% dari target yang ditentukan.

Capaian ini tidak lepas dari kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat, di antaranya para Penyuluh KB (PKB), Petugas Lapangan KB (PLKB), Kader IMP, Petugas Faskes KB yang bertugas di lapangan pada saat pelayanan, juga para Operator Kabupaten Kota yang membantu dalam merekap data akseptor yang dilayani.

Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah , Dra. Maria Ernawati, M.M menjelaskan bahwa ini merupakan kerja nyata yang diberikan oleh BKKBN Sulteng dalam rangka mendukung pencapaian Rekor Muri yang ditargetkan oleh BKKBN Pusat.

Erna juga menegaskan bahwa pelayanan KB sejuta akseptor di Sulawesi Tengah menunjukkan kualitas yang baik karena dapat menjangkau kurang lebih 30% pelayanan KB untuk Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Tak lupa beliau juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan pelayanan KB di Sulteng.

“Apa yang kita raih kali ini tidak lepas dari dukungan yang sangat besar dari pemerintah provinsi Sulawesi tengah, para OPD KB di kabupaten kota, juga Ikatan Bidan Indonesia. Saya ucapkan banyak terima kasih”, ungkap Erna.

Adapun Hasil capaian quick count diumumkan dalam Siaran Langsung peringatan Hari Keluarga Nasional Ke 27 Bangga Indonesia di Televisi Republik Indonesia (TVRI) Senin malam (29/06), yang dihadiri oleh Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), Pejabat Tinggi Madya dan Pratama BKKBN, Nycta Gina, Rizky Kinos, Gilang Dirga, Hesti Purwadinata, Judika, Citra Scholastika dan artis papan atas lainnya.

Hasil quick qount hingga pukul 22.00 WIB “Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor” mendapatkan jumlah 1.355.294. Quick qount akan dilanjutkan sampai tanggal 30 Juni 2020 hingga seluruh data akseptor yang terlayani masuk ke server data BKKBN.

Capaian ini mendapatkan Penghargaan Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) “Pelayanan KB Secara Serentak Dengan Akseptor KB Terbanyak” karena telah melakukan pelayanan KB serentak dengan jumlah akseptor lebih dari 1 juta dalam waktu sehari. Penghargaan secara langsung diserahkan oleh Awan Rahargo perwakilan dari MURI kepada Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K).

Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih atas capaian tersebut,.

“Malam ini rencana untuk mendapatkan 1 juta akseptor dalam waktu sehari, puji syukur Alhamdulillah bisa tercapai, terimakasih kepada teman-teman BKKBN Pusat dan seluruh Indonesia, Bidan-bidan, Penyuluh KB, PLKB, Gubernur, Bupati, Walikota, Dandim, Kapolres, Camat dan semua yang sudah bekerja keras hari ini, semua telah bergerak bersama pada hari ini, dan terimakasih untuk penghargaan dari MURI, semoga ini menjadi penyemangat bagi kita semua,” ucap Hasto.

SUMBER: Humas BKKBN Sulteng