Laporan : Ferdinand Puahadi

POSO – 50detik.com– Angka peningkatan penyebaran Virus Corona atau Covid 19 sampai saat ini pihak pemerintah terus berupaya untuk mengendalikan penyebaranya.

Virus bermula dari Wuhan Cina tersebut saat ini telah menyebar ke sejumlah negara di dunia. Bahkan Indonesia dalam prediksi awal sulit dimasuki corona dengan alasan beriklim tropis (Panas), ternyata dugaan itu meleset semua karena faktanya sudah ribuan warga yang terpapar bahkan ratusan jumlah di antara mereka telah direnggut nyawanya oleh parasit tersebut.

Keadaan memprihatinkan itu, akhirnya memicu kemanusiaan banyak pihak untuk berkontribusi dengan memberi bantuan sesuai kemampuan masing – masing.

Sumbangan APD dari Yasin Mangun.

Salah satu di antaranya adalah dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang dan Yasin Mangun. anak dari mantan Bupati Poso Piet Inkiriwang tersebut, sejak 31 Maret 2020 telah membentuk gugus tugas untuk penanganan covid 19 di Kabupaten Poso.

Gugus tugas tersebut dinakhodai langsung oleh Partai Demokrat, sampai saat ini mandat ketuanya (DPC) masih dipercayakan kepada Piet Inkiriwang.

“Kami telah diperintahkan langsung oleh ketua Partai dan dr. Verna untuk bekerja di lapangan membantu masyarakat sesuai petunjuk yang ada,” ujar Roland Frederick Morompa kepada media 50detik.com. Selasa, (14/4/2020).

Kader Partai Demokrat ini menjelaskan, bahwa pasca terbentuknya satuan tugas di partai berlambang Mercy tersebut, dr. Verna langsung menurunkan sejumlah bantuan yang terdiri dari beberapa jenis Alat Pelindung Diri ( APD) diperuntukan bagi masyarakat.

Di antara bantuan sudah menyebar ke masyarakat seperti; alat pelindung mulut (masker), baju hazmat ( perlengkapan para medis saat bertugas tangani pasien), sepatu boot, sarung tangan ( handscoon), termasuk makanan tambahan termasuk suplemen multi vitamin berfungsi memperkuat daya tahan tubuh penggunanya.

“Khusus masker sudah 5000 pcs yang kami bagikan ke masyarakat. Selain itu kami juga sudah membagikan beberapa peralatan lainya di beberapa wilayah,” terang Roland jelaskan kerja tim.

Terkait sterilisasi wilayah pihak dr. Verna dan rekanya Yasin Mangun turut pula menyiapkan cairan disinfectan guna di pakai untuk penyemprotan dari rumah ke rumah sampai pada ruas jalan di sejumlah daerah di Poso.

“Kami juga sudah lakukan penyemprotan di sejumlah daerah. Gugus tugas ini tidak akan berhenti bekerja sampai wilayah kita di nyatakan telah berstatus zona aman dari covid 19,” katanya.

Dalam pembagian masker tersebut pihak partai Demokrat telah menurunkan sejumlah anggota legislatifnya (anleg) yang langsung turun ke setiap ruas jalan sembari membagikanya langsung kepada warga masyarakat yang melintas.

Beberapa anleg sempat terpantau oleh media ini saat membagikan masker, di antaranya Viko Macmud dan Yenni Flora Tampa’i. Terpisah – dr. Verna juga berpesan kepada seluruh masyarakat kabupaten Poso, agar tetap setia melakukan petunjuk yang telah di anjurkan oleh pemerintah mengingat Virus korona tersebut sudah berkategori Pandemi.

“Virus corona itu klasifikasinya sudah masuk Pandemi yang artinya wabah yang bisa berjangkit kemana – mana dengan jangkauan geografis sangat luas. Jadi saya pesan kepada seluruh masyarakat Poso agar kita semua mampu bersabar menahan diri dengan diam di rumah sementara waktu. Selain itu, tetap jaga jarak dan hindari bersentuhan dengan orang tidak di kenal asal dan perjalananya. Kita semua harus waspada, sabar, sampai virus ini di nyatakan aman,” jelasnya.***