Laporan: Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com– Upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Sulteng terus dilakukan, salah satunya dengan menggelar rapid test gratis secara massal di Pasar Salakan Jumat (12/6/2020).

Rapid test gratis tersebut digelar oleh gugus tugas penanggulangan Vovid 19 Bangkep bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat.

Kegiatan tersebut direncanakan selama tiga hari sejak hari ini 12 Juni s/d 14 Juni 2020. Hari ini dimulai pukul 09.00 WITA dan berakhir pukul 11.00 WITA tercatat ada 51 orang pedagang yang dirapid Test dari target 159 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Bangkep Arabia Tamrin ketika dimintai keterangannya kepada media ini mengatakan, sejauh ini respon para pedagang relatif tinggi, buktinya hampir tiga jam ada 51 orang yang telah selesai ditest. Sementara untuk hasilnya akan diserahkan kepada pedagang setelah usai kegiatan tersebut.

“Sejauh ini kami tidak mengalami kendala, warga pedagang cukup reaktif untuk mengikuti Rapid Test.

Sebelumnya kami kuatir para pedagang takut untuk di-Rapid Test, namun setelah petugas memberikan edukasi dan sosialisasi barulah Meraka (pedagang-red) paham dan berani memeirksakan diri.

Kamipun lega karena kegiatan untuk kepentingan scrining (Pemeriksaan Kesehatan) berjalan sesuai harapan. Sementara untuk hasilnya akan kami serahkan kepada mereka, usai kegiatan ini” papar Arabia Tamrin.

Dia menambahkan, kenapa harus pedagang pasar yang menjadi sasaran kegiatan itu, sebab menurut Arabia, penyebaran Covid-19 di tempat keramaian kemungkinan besar bisa terjadi dengan cepat.

Dengan kesadaran diri masyarakat khususnya para pedagang untuk melakukan rapid test menjadi salah satu upaya pemerintah melakukan pencegahan.***