Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola memutuskan untuk meliburkan anak sekolah. Untuk meniadakan aktivitas diseluruh sekolah mulai dari tingkat PAUD hingga SMA di seluruh Sulteng mulai Senin (16/3/2020) sampai dua pekan ke depan. Hal itu disampaikan ketika membuka MTQ di Salakan Banggai Kepulauan, Senin malam.

Keputusan ini diambil untuk merespon adanya beberapa kasus corona yang terjadi di Indonesia sebulan terakhir ini.

Gubernur menginstruksikan kepada Bupati Bangkep, Rais D Adam agar menindak lanjuti surat edaran yang diterbitkannya. Selain meliburkan anak sekolah, Longki juga menghimbau kepada jajaran ASN di Sulteng untuk mengurangi perjalanan keluar daerah.

“Untuk pejabat daerah agar mengurangi perjalanan keluar daerah. Termasuk kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak peserta. Keputusan ini guna meminimalisir bahaya penularan dan penyebaran virus Corona,” paparnya.

Demikian juga untuk masyarakat Longki mengajak masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat. Menjaga lingkungan disekitar tempat tinggalnya. Untuk tenaga kesehatan setempat agar dapat menindaklanjuti secara medis bila terdapat pasien yang diduga terpapar virus tersebut.

 

Sementara Sekretaris Daerah Bangkep, Rusli Moidady yang ditemui media ini mengatakan, pihaknya akan menindak lanjuti surat edaran gubernur.

Namun sebelumnya pihaknya akan mendiskusikan dalam rapat yang melibatkan seluruh penyelenggara pemerintah di Bangkep. Di agendakan rapat dimaksud akan di laksanakan Rabu, besok.

Selanjutnya hasil keputusan rapat itulah yang kemudian ditindak lanjuti seperti apa langkah-langka selanjutnya.

“Jelas kami tetap akan mengacu pada surat edaran yang diterbitkan Gubernur Sulteng,” pungkas Rusli.***