Gonjang Ganjing Figur Calon Penjabat Bupati Buol

Foto : Ilustrasi

Laporan : Suleman DJ.Latantu

Buol.50Detik.Com. Gonjang ganjing soal figur calon Penjabat Bupati Buol pasca H.Amirudin Rauf dan H.Abdulah Batalipu, terus mengemuka. Tarik menarik soal putra daerah dan non putra daerah menjadi topik perbincangan hangat sejumlah kalangan tertentu di Kabupaten Buol.

Wakil Ketua Forum Kades bersama masyarakat Kabupaten Buol Suarno Pamentar seperti dilansir media ini menginginkan agar Gubernur Sulteng memprioritaskan putra daerah yang menjadi pejabat Bupati Buol yang notabene ASN yang dinilai layak dan memenuhi syarat.

Sementara sejumlah kalangan lainya berpendapat, putra daerah maupun non putra daerah, dinilai sama saja. Yang paling terpenting adalah figur calon tersebut bisa menjalankan pemerintahan dengan baik serta bisa merekatkan dan menyatuhkan hubungan silahturahim antar sesama masyarakat. Menyusul figur tersebut harus netral dan tidak punya kepentingan tersembunyi yang bisa menimbulkan gangguan terhadap stabilitas daerah maupun kondusivitas penyelenggaraan pemilu. Menurut sejumlah kalangan tersebut mengingatkan, agar pemerintah perlu menempatkan penjabat yang kredibel,kompeten dan bisa cepat beradaptasi dengan birokrasi daerah. Serta sosok figur tersebut mampu diterima dengan baik oleh para elemen masyarakat di daerah.

Jika sosok figur memiliki kriteria tersebut, maka tentunya pelayanan publik dan penyelenggaraan roda pemerintahan daerah tidak akan tertanggagu hingga terpilihnya kepala daerah definitif hasil pilkada 2024.

“Tapi apapun alasanya, semua kembali kepada Gubernur Sulteng siapa calon Penjabat Bupati Buol yang akan mendapatkan kepercayaan dari beliau,apakah putra daerah atau non putra daerah” ujar mereka

 

 

 

Pos terkait