Laporan: Yusuf Wempy

Palu, 50detik.com–Generasi Sehat Indonesia Unggul menjadi tema sentral dari Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 yang dilaksanakan di Kementerian Kesehatan RI di jalan rasuna said Jakarta pada 12-11-2019.

Dari keterangan yang disampaikan Ani Kadir, SKM. M.Si Kepala Bidang Kesehatan Masyaarakat Dinas Kesehatan Kota Palu saat menghadiri puncak HKN di Jakarta menuturkan bahwa pemilihan tema ini, selain dimaknai sebagai pemuncak dari upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir, juga dimaknai dengan kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan yang menitikberatkan pada aspek sumber daya manusia.

Menurutnya, SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa. Peringatan HKN telah bergerak dari tahun ke tahun, menjadi rangkaian kegiatan yang tidak saja dimiliki oleh Kementerian Kesehatan, tetapi juga oleh pemerintah daerah, Kementerian/Lembaga terkait, organisasi masyarakat, akademisi, bahkan hingga sektor swasta. Dengan semakin banyak pihak terlibat, potensi untuk bergerak sinergis menjadi semakin besar, sehingga keunggulan bangsa melalui pembangunan kesehatan dapat dicapai.

HKN sesuai dengan tema utamanya, berada pada strategi pembangunan tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional, melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), Program Nusantara Sehat (NS) dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here