Rijo, salah satu petani kelapa sawit pasangkayu

Laporan: Arsyad

Pasangkayu,50detik.com- Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit mengalami penurunan di Kabupaten Pasangkayu dampak pandemi covid-19. Beberapa petani sawit mulai merasakan anjlok harga tersebut.

Diketahui harga TBS  kelapa sawit dua bulan sebelum memasuki pendemi covid-19 sempat  mengalami kenaikan mencapai 1.050 per kilogramnya. Namun  setelah memasuki pendemi covid-19  pelan-pelan TBS mulai mengalami penurunan harga.

Akibatnya, beberapa petani sawit di Kabupaten Pasangkayu harus mencari pekerjaan sampingan untuk menyambung hidup keluarga mereka. Ada yang  melaut, jadi buruh bangunan dan pekerjaan lainnya.

Salah seorang petanai kelapa sawit di  pasangkayu, Rijo mengaku, penurunan TBS kelapa sawit saat ini menurun drastis dari Rp. 1.050 per kilogram menjadi Rp. 500 per kilogramnya .

“Harga TBS kelapa sawit saatini Rp. 500 per kilogramnya, hampir tidak cukup untuk biaya pada saat panen. “Keluh Rijo petani sawit asal pasangkayu kepada media

Para petani  kelapa sawit ini pun berharap kepada pemerintah untuk mencarikan solusi kondisi kelapa sawit yang terus menurun itu, karena telah memberi dampak beruk terhadap kondisi ekonomi mereka yang diperparah dengan wabah covid-19.