Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 dihalaman Kantor Bupati Pasangkayu (Mawan/50detik.com)

Pasangkayu,50detik.com- Perayaan hari kemerdekaan RI ke 75 tahun 2020 berbeda dari tahun sebelumnya, yang biasa digelar dengan meriah. Namun tahun ini, dilaksanakan  sederhana, karena masih dalam masa pandemi virus korona atau covid-19.

Kegiatan mengumpulkan orang banyak di hari kemerdekaan ini ditiadakan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona. Upacara pun dilaksanakan secara sederhana dan khidmat dengan protokol kesehatan di pasangkayu.

Upacara yang biasanya dilaksanakan dilapangan merdeka, namun ini hanya dilaksanakan di halaman kantor bupati dan hanya melibatkan 3 petugas pengibar  bendera, sementara yang hadir Ketua DPRD,Alwiaty (membacakan naskah proklamasi) dan Forkopinda serta TNI-Polri.

Bupati Agus Ambo Djiwa berharap semangat kemerdakaan dan  nilai-nilai persatuan, kebinekaan dan NKRI tetap terjaga. Apa telah diraih agar  selalu dijaga dengan semangat perjuangan  sehingga indonesia tetap jaya dan maju. Meski diakui bahwa Hut tahun ini berbeda karena dimasa pendemi covid-19.

Hal lain yang berbeda terlihat pada hut ke- 75 tahun ini mereka yang hadir diupacara Hut  memakai masker. Selain itu, dihut ini pula tidak terlihat lagi kegiatan lomba seperti tahun sebelumnya. Hal ini tak lain sebagai upaya pemerintah daerah alam mendukung pemerintah pusat memutuskan mata rantai virus covid-19.