Diskominfo Pers Pasangkayu Gelar Replikasi dan Integrasi Data untuk Dukung Satu Data Indonesia

oplus_0

Pasangkayu,50detik.com-Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Kominfopers) Kabupaten Pasangkayu menggelar kegiatan Replikasi dan Integrasi Data untuk mendukung kebijakan Satu Data Indonesia di Kabupaten Pasangkayu.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku produsen data, serta pemateri dari Dinas Diskominfo Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) untuk memberikan penjelasan terkait pengimplementasian Satu Data Indonesia.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pasangkayu yang diwakilkan oleh Asisten Pemerintahan Pemda Pasangkayu, Muh Yunus Alsam. Yunus Alsam menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan Satu Data Indonesia dapat terimplementasikan dengan sukses di Kabupaten Pasangkayu.

Yunus Alsam menjelaskan bahwa Satu Data Indonesia akan memudahkan dalam mengeluarkan kebijakan dengan adanya satu data yang dibuat oleh Kominfo Pasangkayu.

“Kepada OPD selaku produsen data agar dapat mendukung kebutuhan data bagi Kominfopers sebagai wali data yang disebut Satu Data Indonesia di Kabupaten Pasangkayu”Pesan Yunus Alsam.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Pasangkayu, Badaruddin, mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengimplementasikan Satu Data Indonesia.

Menurutnya aat ini masih terdapat kendala karena data belum terintegrasi sehingga masih menggunakan aplikasi provinsi, yakni Satu Data Plafon Provinsi yang terintegrasi seluruh data kabupaten di Sulbar. Data tersebut nantinya akan terintegrasi pula ke pemerintah pusat dalam Satu Data Indonesia.

Pada kegiatan ini, seluruh produsen data di tiap OPD dilibatkan. Data-data OPD tersebut nantinya akan diinput dalam Satu Data yang digunakan oleh Diskominfo Pasangkayu.

“Kita berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, produsen data OPD dapat segera mengumpulkan datanya sehingga implementasi Satu Data Indonesia dapat segera dilaksanakan”Ungkapnya (*)

Pos terkait