Laporan : Mulyadi T Bua
BANGKEP50detik.com -Dinas Perhubungan (Dishub) Banggai Kepulauan merencanakan akan menambah Peningkatan fasilitas jalan raya berupa traffic lihgt di salah satu ruas jalan padat kendaraan.
Program itu diprogramkan itu telah dibahas dan dimasukkan pada pembiayaan tahun tahun anggaran 2019.
“Tepatnya di perepatan memasuki pelabuhan,” ungkap Kepala Dishub Bangkep Suripto Nurdin belum lama ini.

Menurut Suripto, pemenuhan fasilitas jalan tidak hanya berfungsi untuk mengatur aktivitas kendaraan. Lebih dari pada itu juga untuk meningkatkan nilai estetika jalan di mata masyarakat, terutama para tamu.
Adapun mengenai lokasi penempatan, Suripto menilai kawasan pelabuhan sangatlah strategis karena menjadi titik pertemuan kendaraan dari arah pasar, pelabuhan antar pulau dengan Pelabuhan Rakyat Salakan.
“Untuk mengatur kepadatan lalulintas maka ditempatkanlah traffic light,” jelasnya.
Selain traffic light, tahun ini Pemda juga berencana mendirikan rambu serta markah jalan. Bersamaan dengan itu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) juga telah action dengan program peningkatan jalan kawasan ibu kota di awal tahun ini.
Amatan media, peningkatan jalan telah dilakukan mulai dari kawasan perkantoran Bukit Trikora hingga lapangan Trikora Salakan. Diketahui pula, sebagian anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2019 yang mencapai Rp800 miliar lebih diporsikan untuk persiapan pelaksanaan MTQ tingkat provinsi tahun 2020. Salah satu persiapan itu adalah menata wilayah ibu Kota Salakan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here