Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk 50detik.com– Karena di perlakukan tak adil oleh PT. DS LNG, dalam rekrutmen tenaga kerja. Akhirnya sejumlah warga Kintom yang di ‘gawangi’ Dedi Noho mengadukan nasib mereka ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banggai, Kamis (15/4/2021).

Kedatangan mereka diterima oleh Ketua Komisi I Masnawati Muhammad di ruang rapat dengar pendapat.

Dalam pertemuan itu Dedi Noho bertindak sebagai juru bicara menyampaikan bahwa rekrutmen tenaga kerja yang dilakukan oleh PT DS LNG dinilai tidak seimbang atau tidak adil.

Ada beberapa indikator salah satu diantaranya menurut Dedi Noho, ada beberapa tenaga kerja non skil harus didatangkan dari luar daerah padahal tugas dan fungsi tersebut masih bisa dilakukan tenaga kerja lokal.

” Kalau hanya untuk memasang atau melepas tali kapal kenapa tenaga kerjanya harus pekerja non lokal atau dari luar daerah. Apa pekerjaan itu tidak bisa dilakukan pekerja lokal,” imbuh Dedi menyontohkan.

Fenomena ini terkesan ada pembiaran dari Dinas Tenaga Kerja. Dalam mekanisme perekrutan tenaga kerja di perusahaan tersebut.

Hal itulah yang kemudian menjadi alasan warga untuk meminta kepada lembaga legislatif, untuk menghadirkan pihak-pihak terkait persoalan itu untuk dimintai pendapatnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP).

Menyikapi hal tersebut, Ketua Komisi I DPRD Banggai, Masnawati Muhammad berjanji pihaknya mengakomodir keinginan warga untuk kemudian memfasilitasi pertemuannya.

“Kami bukan eksekutor, kami siap menjembatani pertemuan seperti apa yang saudara-saudara (warga-red) inginkan. Namun sebelumnya Komisi I akan berkoordinasi dengan Ketua DPRD Banggai,” papar Srikandi Gerindra itu.

Namun sampai berita ini tayang belum diketahui, kapan agenda pertemuan atau rapat dengar pendapat di maksud.***