Diduga Tak Netral, Panitia Pilkades Sarude Dilaporkan Ke Camat Sarjo

Gambar Ilustari Pilkades dari geogle

Pasangkayu,50detik.com- Penetapan calon dan nomor urut, baru saja ditetapkan kepada para peserta Pilkades serentak tahun ini. Para calon mulai bergerak menarik simpati pemilih, untuk meraih suara pada pencoblosan 19 Mei 2022.

Pilkades merupakan perwujudan dari demokrasi desa dalam menentukan pemimpin berkualitas. Namun, dalam perjalannya, demokrasi ini sangat sulit dihindari dari gesekan dalam setiap pemilihan. Olehnya, Pemerintah  melalui dinas terkait, terus memberi dihimbau agar tetap menjaga netralitas.

Saat ini, di Kabupaten Paling Utara Sulawesi Barat yaitu  pasangkayu tengah melaksanakan tahapan pemilihan serentak tahun 2022. Yang akan dilaksanakan  di 35 desa. Salah satunya Desa Sarude, Kecamatan Sarjo.

Diketahui pada 30 Maret, Panitia Pilkades Sarude telah menetapkan dua calon yakni Misbaruddin Cakades Nomor Urut 1 (satu) dan Abd. Rahman Cakades Nomor Urut 2 (dua). Dalam perjalannya, desa ini  mengalami persoalan yang diduga disebabkan oknum Panitia Pilkades yang tidak Netral, akibat intervemsi oknum Kades yang sudah tidak maju.

Terkail hal tersebut, Wartawan 50detik.com memcoba menghubunga 0821-8980xxxx, Camat Sarjo, Nasir yang juga Ketua Panitia Pilkades Tingkat Kecamatan, membenarkan, bahwasannya dirinya menerima laporan oknum Panitia Pilkades tidak Netral atau pro ke salah satu calon yaitu nomor urut satu.

“Ya, ada laporan masuk, Panitia Pilkades yang tidak netral. Dalam laporan itu, terlapor inisial R memfasilitasi pertemuan salah satu calon atas perintah  mantan desa yang sudah tidak maju di Pilkades. Seharus sich, dia netral, karena jelas dalam aturan oknum Panitia dan Kades tidak boleh memihak ke salah satu calon” Kata Nasir, Minggu, 3 April 2022

Ditanya siapa yang memasukkan laporan, tidak menyebut nama. Namun menyampaikan ada dua orang simpatisan pendukung calon desa dari nomor urut dua atas nama Rahman memasukkan laporan dugaan oknum panitia Pilkades yang tidak netral.

Terkait laporan tersebut, pihaknya, akan melakukan pemanggilan terhadap terlapor oknum Panitia Pilkades yang diduga tidak netral pada Hari Senin besok. “Surat pemanggilannya besok dilayangkan ke terlapor”Katanya (Tim)

Pos terkait