Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-Ketua Komisi I DPRD Banggai Kepulauan, Irwanto T Bua, meminta Pemerintah Pemda Bangkep untuk memperketat pengawasan terhadap pendistribusian  Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada yang terkena dampak dari pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakannya, karena banyaknya keluhan dari masyarakat yang menduga pendistribusian berupa stimulus keuangan masih belum merata dan tidak sepenuhnya tepat sasaran. Dia menyontohkan di Desa Bakalinga Kecamatan Bulagi Utara, Bangkep misalnya, dimana warga desa tersebut melaporkan adanya ketidak beresan dalam pendataan maupun pendistribusian BLT.

“Banyak laporan warga yang diterima di komisi I terkait masalah BLT yang ditalangi melalui Dana Desa (DD) itu,  justru malah menimbulkan gejolak sosial, apalagi kalau sampai tidak merata. Segala kemungkinan bisa saja terjadi karena itu pengawasan mesti diperketat,” tuturnya. Ketika di temui media ini di ruang kerjanya Rabu (10/6/2020).

Menurut politisi Golkar ini, lembaganya khusus komisi I telah turun lapangan untuk mengetahui progres dan persoalan yang terjadi di masyarakat terkait program stimulus keuangan melalui program BLT, hasilnya ada beberapa desa yang menimbulkan persoalan. Persoalan itu diantaranya sistem pendataan yang tidak merata. Sehingga ada warga yang berhak menerima justru tidak terakomodir dalam program itu.

Ketika disinggung seperti apa langkah-langkah yang ditempuh institusinya, dia mengatakan selain melakukan pengawasan, pihaknya juga akan melaporkan persoalan BLT ketingkat pimpinan untuk kemudian di tindak lanjuti.

“Kami juga akan melakukan pengawasan agar program pemerintah itu tepat sasaran,” pungkasnya.***