Tampak salah satu Sudut Pemandangan Desa Lunguto

DESA LUNGUTO, PALELEH BARAT TERUS BERBENAH, DESTINASI WISATA PULAU RAJA JADI KEBANGGAAN

Laporan Suleman Dj. Latantu

BUOL 50Detik Com. Seiring makin pesatnya program peningkatan pembangunan, Desa Lunguto yang merupakan salah salah satu Desa di Wilayah Kecamatan Paleleh Barat Kabupaten Buol Sulteng, kini terus berbenah melakukan peningkatan sejumlah program, pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan melalui pemanfaatan anggaran Desa yang dialokasikan setiap tahun oleh Pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Buol.

Kepala Desa Lunguto Kabupaten Buol, Sudirman S. Djalal mengatakan, dalam pelaksanaan bantuan anggaran desa selama ini pihaknya tetap melakukan upaya transfaransi pengelolaan anggaran program yang telah ditetapkan melalui APBDes kepada masyarakat, baik program pembangunan fisik maupun program pemberdayaan kepada masyarakat.

Tampak gedung Kantor Desa Lunguto.

“Prinsipnya, seluruh program kegiatan yang telah disahkan bersama BPD, pelaksanaanya tetap direalisasikan secara nyata, termasuk pemberian semua jenis bantuan lainnya. Agar masyarakat benar benar mengetahui pasti kebijakan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa. Jujur, selaku Kades saya tidak ingin masyarakat merasa dikecewakan hanya karena sebuah kebijakan pemerintah yang saya jalankan selama jni”, ujar Sudirman kepada media ini di rumah kediamanya di Desa Lunguto.

Disebutkan, untuk tahun anggaran 2021 misyalnya, pihaknya telah merealisasikan sejumlah kegiatan program, termasuk merealisasikan penyaluran bantuan kepada masyarakat khususnya masyarakat petani. Jenis bantuan yang telah disalurkan itu berupa pemberian seng plat untuk bahan pembuatan pagar kebun serta bantuan tanaman bibit kopi Arabika sebanyak 10 ribu pohon. Dan untuk dikatahui, pada hari raya Idul Adha tahun ini, juga telah dilakukan pemotongan dua ekor hewan kurban berupa sapi yang selanjutnya dagingnya dibagikan kepada masyarakat

Kades Lunguto, SUDIRMAN S. DJALAL

Selajutnya, Kades Sudirman yang akan mengakhiri masa jabatan tahun 2025 setelah resmi dilantik tahun 2019 lalu, juga menyebutkan, untuk tahun 2022 mendatang, pihaknya telah menyusun sejumlah program kegiatan,diantaranya rencana pembangunan gedung serbaguna dan pengadaan lampu listrik untuk penerangan sepanjang ruas jalan Desa Lunguto dengan tujuan untuk lebih menambah keindahan Desa.

“Dan inssya Allah, sebelum berakhir masa jabatan saya selaku Kades, saya bersama lembaga BPD tetap berkomitmen bagaimana memajukan pembangunan Desa Lunguto ini agar bisa lebih baik diantara sejumlah Desa lainya di Wilayah Kecamatan Paleleh Barat” pungkasnya.

Sementara sejumlah tokoh masyarakat menilai, selama masa kepemimpinan Kades Lunguto Sudirman S. Djalal, pelaksanaan program pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di Desa Lunguto, Alhamdulillah, tetap berjalan baik dan lancar. Seluruh program kegiatan yang direncanakan melalui penggunakan anggaran Desa tetap dapat direalisasikan sesuai keinginan masyarakat yang dilakukan secara lebih terbuka. Begitupun mengenai bantuan sosial lainnya dari Pemerintah, juga tetap dapat direalisasikan kepada masyarakat yang benar benar berhak menerimanya, tanpa pilih kasih.

Dan satu hal yang perlu menjadi catatan khusus, adalah hubungan kerja kemitraan antara Pemerintah Desa bersama lembaga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) termasuk dengan perangkat dan aparat Desa Lunguto.
Selama kepemimpinan Kades Lunguto Sudirman yang notabene juga berstatus sebagai PNS, hubungan kerja kemitraan tersebut selama ini lanjut tokoh masyarakat tetap terjalin dengan baik dan harmonis.
” Jika misalnya, ada permasalahan yang terjadi selalu dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat tanpa berakibat adanya gesekan yang berdampak kepada kepentingan masyarakat. Seperti halnya yang biasa tejadi pada sejumlah Desa lainnya di Kabupaten Buol”; tandas tokoh masyarakat kepada media ini.

Selanjutnya catatan media ini menunjukkan, Desa Lunguto yang merupakan Induk pemekaran Desa Harmoni, memiliki destinasi wisata yang menyimpan banyak cerita sejarah peninggalan Raja Buol. Destinasi wisata itu adalah dua buah Pulau Raja Boki yang merupakan kebanggaan.