Mamuju, 50detik.com – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), ikut menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Majene-Mamuju.

Peristiwa gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Majene-Mamuju, berkekuatan 6,2 Skala Richter ini menyebabkan 84 korban jiwa, ribuan luka,-luka serta meluluhlantakkan ribuan rumah warga yang ada di Majene maupun di Mamuju.

Peristiwa gempa bumi ini mendapatkan perhatian khusus dari sejumlah elemen baik pemerintah pusat, daerah, ormas dan termasuk fungsionaris partai politik itu sendiri.

Demikian pula sikap empati dari jajaran pengurus partai Demokrat Sulteng, turut menyiapkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak korban gempa bumi di Sulbar.

Penyerahan bantuan ini dimotori langsung Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulteng, Andi Jumriani Hamka yang diterima langsung ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Mamuju, Hj Siti Suraidah Suhardi di Mamuju, Rabu, 2/1/2021.

Menurutnya, bantuan ini adalah hasil sumbangsi dari seluruh pengurus partai Demokrat Sulteng hingga jajaran DPC Demokrat tingkat kabupaten yang ada di bumi Tadulako.

Adapun jenis bantuan yang disiapkan berupa beras, air mineral, popok balita, mie instan dan minyak goreng. Paling tidak kata Jumriani, bantuan ini bisa meringankan beban bagi korban gempa yang ada di Mamuju.

Teekait dengan banyaknya pengungsi pascamusibah kata dia, hal itu sangat wajar karena masih sangat trauma merasakan guncangan gempa bumi yang meluluhlantakkan dua kabupaten di Sulbar yang terdampak.

“Masyarakat yang ada di gang pengunsian harus kuat dan tabah menerima ujian berat ini. Saya rasa daerah ini akan segera pulih dan bangkit kembali dalam waktu tidak begitu lama. Jika dibandingkan kondisi musibah di Palu, maka dulu kami sangat terpuruk. Namun, Alhamdulillah, dengan kerjasama yang baik, maka Sulteng kini mulai menatap masa depan dalam bingkai pemulihan ekonomi dan pembangunan infrastruktur yang lebih baik. Saya rasa, Sulbar mampu menjalani beban berat ini,” ujarnya.

Jumriani yang juga pengurus Perempuan Muslimah Indonesia mengaku, sudah saatnya saling support agar daerah ini bisa pulih dari keterpurukan akibat bencana ini.

Demikian pula disampaikan Kepala Badan Jaringan konstituen Daerah DPD Partai Demokrat Sulteng, Aripudin Hatba mengatakan, salung support dengan seluruh lapisan masyarakat akan mampu keluar dari keterpurukan akibat bencana alam.

“Kami pun pernah mendapatkan support masyarakat Sulbar saat kami tertimpa gempa disertai Tsunami beberapa tahun lalu. Kini, kami harus berbuat untuk ikut meringankan beban bagi korban gempa bumi yang ada di Majene maupun Mamuju,” ujarnya.***

Penulis: Aco Ahmad