Palu, 50detik.com- Debat Publik Terbuka putaran kedua calon Walikota dan Wakil Walikota Palu yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu di Hotel Best Western, Rabu (10/11) telah berakhir.

Pasangan nomor urut 3 Dr Hidayat, M.Si yang juga disebut sebagai petahana, meski mendapat ‘serangan’ dari awal debat, calon walikota yang mengusung jargon Tangguh dan Teruji ini  menunjukkan ‘kelas’ dan kapasitas seorang Hidayat.

Dr Hidayat, M.Si yang berpasangan dengan Hj Habsa Yanti Ponulele, ST, M.Si  tampil begitu menguasai jalannya debat terbuka putaran kedua dengan tema, Menyelesaikan Persoalan dan Memajukan Daerah.

Penguasaan debat tidak saja saat menyampaikan visi, misi dan programnya, tapi juga terlihat saat menjawab pertanyaan dari paslon lain maupun pertanyaan moderator Dr Osgar Sahim Matompo, SH, MH.

Dalam penyampaian visi, misi dan programnya, Hidayat menyampaikan tema pembangunan Kota Palu kedepan adalah Palu Kota Destinasi, Berbudaya DIlandasi Iman dan Takwa.  Visi ini kemudian dijabarkan dalam enam misi.

Yakni, pengembangan dan penguatan system informasi potensi sumber daya kota Palu, penguatan karakter potensi sumber daya manusia yang berdaya saing, penguatan kelurahan inovasi unggul dan mandiri berbasis Iptek bagi kemandirian ekonomi kerakyatan, penguatan dan pengembangan kawasan agrowisata, penguatan birokrasi pemerintah yang rasional, efektif berbasis kinerja dan internalisasi nilai-nilai budaya bangsa berbasis iman dan takwa.

‘’Keenam misi ini sudah kita godok bersama dengan tim pendamping yang ada di Bappeda dengan menggunakan tiga pendekatan. Professional, realistis yang menghasilkan rasionalisasi semua anggaran dan semua program. Harapan kita, akan tercipta pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel dan responsive,’’tandas Hidayat.

Dengan penerapan ini lanjut Hidayat, ‘’Kita berharap tercipta pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Kita juga berharap dengan visi dan misi diatas akan terbentuk karakter Masintuvu Kita Maroso, Morambanga Kita Marisi (Bersama Kita Kuat, Bersama-sama Kita Kokoh). Saya kira program-program ini tinggal penguatan karena kami sudah melakukannya di periode pertama,’’tegas Hidayat.

‘’Pembangunan saat ini harus dilanjutan untuk Kota Palu yang lebih baik lagi. Dan kedepan, kami Hidayat-Habsa akan mewujudkannya. Maka saya mengajak kepada semua warga kota Palu, pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang, jangan lupa ke TPS dan coblos nomor 3. Lanjutkan,’’kata Calon Wakil Walikota, Hj Habsa Yanti Ponulele.***

Sumber: Media Center Koalisi Palu Bangkit