Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 menyampaikan informasi perkembangan terbaru penanganan pencegahan virus corona atau covid-19 pada, Kamis 26 Maret.

Ketua Gugus Tugas covid-19,  Firman yang didampingi oleh Kepala Dinkes, Kepala BPBD, dan Asisten menyampaikan dalam konferensi pers bahwa hingga saat ini jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di  Pasangkayu meningkat dari sebelumnya 38 orang menjadi 58 orang.

Firman mengatakan sampai saat ini  total ODP meningkat menjadi 65 orang, tujuh diantaranya dinyatakan sudah selesai dalam pengawasan sehingga sisa 58 orang. Disebutnya peningkatan ODP inu mmasyarakat Pasangkayu yang bepergian dari Kota Makassar beberapa waktu lalu.

“Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) yang sebelumnya dirujuk ke rumah sakit Undata Palu, kini tengah menjalani isolasi mandiri. Yang bersangkutan di diagnosa mengalami penyakit paru”terangya

Firman menegaskan, selama perawatan PDP itu di rumah sakit, semua biaya ditanggung oleh Pemkab Pasangkayu. Pun selama isolasi mandiri, tim Gugus Tugas juga menyediakan logistik bagi bersangkutan.

Menurutnya, RSUD juga mendapat tambahan alat pelindung diri (APD) sebanyak 60 paket. Sehingga total APD tersedia RSUD sebanyak 75 paket. Tidak hanya itu, saat ini tengah mengusulkan penyediaan rapid test.

“Jadi kita berencana akan melakukan uji lab tersendiri, makanya kami memesan rapid test. Sehingga penanganan suspect Covid-19 di Pasangkayu bisa cepat dilakukan” jelas Firman.

Firman menghimbau masyarakat untuk tetap mengikuti himbauan pemerintah. Tidak gegabah dalam melakukan tindakan, yang kemudian bisa mebahayakan semua orang. Beberapa langkah pencegahan yang mesti dilakukan. Pertama melakukan social distancing, menghindari kerumanan, dan sering mencuci tangan.